SERVIS LAPTOP DAN KOMPUTER

SERVIS LAPTOP DAN KOMPUTER
Diberdayakan oleh Blogger.

JUAL SPERTPART KOMPUTER DAN ELEKTRONIKA ONLINE

JUAL SPERTPART KOMPUTER DAN ELEKTRONIKA ONLINE
untuk konfirmasi dan pemesanan silahkan hubungi hp:085227776602

Translate blog language

Popular Posts

Blog Archive

Arsip Blog

Blogger news

Kami sarankan untuk memperlancar belajar menjadi teknisi elektronika, komputer dan laptop silahkan anda beli buku panduan dari Qbonk, untuk melihat isi dan harganya silahkan klik iklan baner di atas tulisan berjalan ini

Easy Way of Testing a Laptop Backlight(CCFL) and Inverter

We will be concentrating on LCD Inverter and CCFL bulb.Laptop with black screen problem is commonly caused by: 1. a defective backlight, which is the cold cathode fluorescent lamp(CCFL) bulb
2. defective laptop’s inverter board
3. no video output going to the LCD Screen
It is not an easy job repairing laptops specially if we don’t have parts that we can use to replace to the parts we are suspecting to be the culprit. So now, we will going to try to make our own tools for testing a bad CCFL backlight of a laptop.
repair tools for laptop repair
Tools Needed For this Project:
1. a 9volts battery
2. a 9v battery connector
3. a known good CCFL inverter from any laptop or LCD monitor.
Once you have the tools that we needed, we can continue to the next procedure.
About The Video Output:
If the laptop is equipped with an external monitor connector, we can easily check if the problem of having a black screen is caused by a faulty video card or GPU within the laptop or maybe the problem resides inside the LCD which is the inverter and CCFL bulb.
Laptop External VGA Connector
VGA Port on a Laptop
Connect an external monitor to the VGA Port of the laptop and check if there is a video output to the monitor.
There is some model of laptop that requires you to press a FN key plus a key with a picture of a monitor to switch between the LCD laptop to external monitor.
Then now, if you get a video on your external monitor then you now know there is a LCD screen, CCFL bulb and inverter board problem. If the external monitor doesn’t get any video at all, then suspect a video (GPU) or video cable problem.
Checking the CCFL Bulb:
On checking whether your CCFL bulb if it is still functional, we can use our own known good inverter to test the CCFL bulb is still working or in good condition.
Known Good Inverter
Known Good Inverter
Using the Known Good Inverter:
Now, with our known good inverter, connect the CCFL bulb. And next, supplies a power to it using our 9v battery. A laptop inverter is usually powered by 12v and up but with our 9v battery, it is just enough to start the circuit of an inverter.
Test Probe on Inverter
Connect the black probe from our battery source to the yellow wire, which is usually the 12v supply coming from laptop circuits, but to find more accurately the connection of the power source of an inverter, all you have to do is to find where is the connection of the SMD fuse in the circuit of the inverter. And the black probe to the ground screw hole of the inverter board.If our CCFL bulb lights up like in the picture below, then we now know that our CCFL bulb is good and working and now we can suspect that our inverter board is bad.CCFL Bulb Lights Up Checking Inverter:
Since that our known good inverter have able to light up the LCD Screen, and then connect the inverter of the laptop back to its position. Then we are going to conduct a test to it using the procedure we did to our known good inverter. And if it won’t lights up the CCFL bulb, then we can suspect that our inverter is defective and needs to be replaced to a new one or simply you can check it if the fuse is open. If it is open, try to make a jumper through the fuse using a thin wire to serves as our fuse, then redo the testing again with same procedure as we use on our known good inverter.
Checking the Power Supply Line:
If our known good inverter light up our CCFL bulb and the Laptop’s inverter also lights up using the 9v battery as its power source, then we are going to suspect the 12 volts power supply line from the laptop’s motherboard.
Checking Power Supply Line
Let us get our multitester/multimeter and set it to DC Volts.
Plugged our AC Adapter and turn on our Laptop.
Put the black probe to the ground screw hole on the motherboard and the red probe to the yellow or the supply line and see if you have a voltage reading on that connection.
If you are can’t read any voltages from the connector then let us suspect a problem on the motherboard itself and this needs a lot of knowledge and experience on repairing Laptop.
At this point, we will have to bring the unit to a technician who have the knowledge of repairing a complicated problem of a Laptop.

source: repairguidecollection.info
 http://ronelex.com/easy-testing-laptop-backlightccfl-inverter/146/

Menentukan Blok yang Bermasalah


Sebelumnya sudah pernah saya bahas tentang cara menganalisa kerusakan pada jalur Simcard, bila hasil dari pengukuran terdapat salah satu jalur yang putus maka selanjutnya Anda tinggal mengetahui jalur alternatif yang akan dihubungkan. Langkah inilah yang cukup memusingkan karena kita harus betul-betul memahami hubungan antar sistemnya, misalkan saja untuk permasalahan Simcard yang sedang kita bahas ini.

Sebelum melakukan pengukuran, harus diketahui hubungan antar sistem yang berkaitan dengan jalur dari konektor Simcard ini. Bila anda belum mengetahuinya, maka diperlukan skema diagram.



Dari penjelasan skema diagram diatas, terlihat bahwa jalur dari konektor SIM Card akan diteruskan kepada EMI-Filter, selanjutnya diteruskan kepada UEM. Setelah kita mengetahui hubungan antar sistem tersebut, langkah pengukuran dapat dilakukan secara bertahap dari komponen ke komponen di setiap bloknya, agar jalur alternatif yang akan di jumper adalah jalur aktif yang semestinya tersambung tanpa harus melewati suatu rangkaian yang aktif, misalkan melakukan jumper dari konektor Simcard langsung ke UPP tanpa melewati UEM, sedangkan UEM berfungsi sebagai SIM Detektor dan SIM IF, maka hal ini adalah tindakan yang salah! Ponsel tidak akan dapat bekerja dengan baik.

Yang akan menyulitkan adalah menentukan jalur dari komponen manakah jalur yang putus tersebut, apakah jalur dari konektor Simcard kepada EMIF? atau justru yang putus adalah jalur EMIF kepada UEM?.

Oleh karena itu cara pengukurannya harus secara sistematis dan berurutan berdasarkan Sistem yang ada didalamnya. Saran saya pengukurannya gunakan metoda pengukuran secara seri.
sumber:http://www.ponseltrik.com/2009/10/menentukan-blok-yang-bermasalah.html

Mengatasi Kerusakan pada EMIF Simcard Nokia


Pada layar tampil tulisan Insert Sim Card, mungkin sebagian dari Anda pernah mengalami hal ini, dimana saat Anda memasukkan kartu sim di ponsel milik Anda kartu sim tersebut tidak terbaca oleh ponsel, lalu Anda mencoba kembali memasukkan kartu tersebut tapi hasilnya tetap sama. Ponsel tidak menunjukan tanda bahwa kartu telah terbaca oleh program ponsel.

Berikut ini akan saya bahas mengenai permasalahan EMIF Simcard pada ponsel Nokia, dengan catatan bahwa kerusakan terjadi pada EMIF Simcard...

Perhatikan gambar-gambar dibawah ini


Klik untuk memperbesar ukuran gambar


Gambar diatas adalah bentuk dari EMIF Simcard, secara fisik EMIF mempunyai 8 Bola Kaki dibawahnya (Ball Grid) yang terdapat jalur data pada kaki tersebut yang terhubung ke IC lain yang mengontrol fungsi EMIF menuju konektor Simcard.


Apabila terjadi sesuatu hal sehingga EMIF tidak berfungsi atau dengan kata lain terjadi putusnya rangkaian jalur pada salah satu kaki EMIF, maka kartu sim tidak dapat terbaca oleh ponsel.

Solusi yang harus dilakukan adalah Anda harus mengecek rangkaian jalur kaki EMIF dengan AVOMeter, untuk mengetahui rangkaian mana yang bermasalah (lihat skema diagram). Bila memang ditemukan bahwa salah satu rangkaian jalur EMIF tidak sesuai dengan pengukuran (perbandingan dengan rangkaian jalur normal), maka sudah dipastikan bahwa EMIF rusak, Ganti EMIF...

Kalo Anda tidak punya stok, atau beli diluar juga tidak ada, kanibal dari ponsel lain juga tidak punya (kasian de lo...)

yah terpaksa jalan ini harus ditempuh... "Jumper"

Nah, untuk urusan ini saya kasih gambaran bagaimana cara jumpernya, dan perlu dketahui bahwa cara ini hanya untuk keadaan darurat.


Lakukan dengan hati-hati karena jarak titik-titik pada papan PCB berdekatan, jangan sampai bersinggungan karena akan menyebabkan short.

Semoga bermanfaat...
sumber: http://www.ponseltrik.com/2009/11/emif-simcard-nokia.html
Membedakan kerusakan Hardware & Software ponsel

Membedakan kerusakan Hardware & Software ponsel

Secara garis besar kerusakan yang terjadi pada ponsel dapat dikategorikan menjadi dua bagian yaitu kerusakan pada area hardware atau area software. Terkadang dalam membedakan jenis kerusakan yang ada, kita sedikit dibuat bingung manakala kerusakan tersebut tidak menunjukkan gejala yang spesifik mengarah pada salah satu kriteria, sehingga secara tidak langsung akan mempengaruhi keputusan disaat akan memulai repair ponsel tersebut.

Penjelasan dibawah ini mungkin dapat membantu memberikan solusi bagi Anda, khususnya untuk kasus kerusakan yang sulit dibedakan area kerusakannya.

Bluetooth Error

Ada beberapa metode yang dapat dilakukan untuk mengetahui jenis kerusakan pada Bluetooth.

1. Dengan mengaktifkan Bluetooth ponsel, jika tidak ada reaksi maka Bluetotth ponsel tersebut sedang bermasalah. Prosentase yang bisa diterapkan adalah 75% untuk kerusakan software dan 25% kerusakan pada hardware.

2. Dengan mengaktifkan fitur Gallery, bila ternyata susah dibuka alias error maka dapat dipastikan kerusakan terletak pada IC Bluetooth modul. Prosentase yang bisa diterapkan adalah 75% untuk kerusakan hardware dan 25% kerusakan pada software.

3. Disaat reflash data ponsel secara tiba-tiba berhenti ditengah jalan dengan disertai munculnya pesan error 9 pada software UFS, ini berarti menunjukkan bahwa IC Bluetooth modul bermasalah. Prosentase yang bisa diterapkan adalah 75% untuk kerusakan hardware dan 25% kerusakan pada software.

Solusi

Contoh kasus pertama dapat kita temui pada ponsel Nokia 7610, 6670 dan 3230... perbaikan secara software dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut.

Untuk Nokia 7610 dan 6670 gunakan file khusus repair Bluetooth, reflash ponsel seperti biasa dan tulis ulang data PM menggunakan file repair tersebut.

Nokia 3230, Anda hanya perlu reflash ulang ponsel dan setelah itu tekan tombol repair Bluetooth

Sedangkan pada kasus kedua dan ketiga, harus dilakukan repair secra hardware, dalam hal ini adalah dengan cara penggantian komponen yaitu IC Bluetooth modul.
sumber: http://www.ponseltrik.com/2009/11/membedakan-kerusakan-hardware-software.html

N3110 Auto Power On


Bila anda mempunyai permasalahan pada ponsel N3110c, apabila saat memasukkan battery ponsel langsung nyala padahal switch on/off belum ditekan (aneh.. ada jinnya kali..hehe), o tidak... itu dimungkinkan karena adanya komponen ponsel yang short atau hilang nilainya. Penyebab utamanya bisa dari switch on/off itu sendiri, coba cek dulu switchnya dengan menggunakan AVOMeter apa langsung terkoneksi (dengan melihat jarum AVOMeter bergerak naik atau tidak) apabila switch belum ditekan, bila iya berarti switch on/off sudah rusak. Apabila switch on/off tidak menunjukkan reaksi sebelum switch on/off ditekan coba sekarang tekan switchnya dengan tetap menempelkan jarum AVOMeter pada kedua kakinya bila jarum bergerak naik berarti switchnya normal.

Lanjut lagi dengan melihat tegangan yang dihasilkan apabila switch on/off ditekan, tegangan yang dikeluarkan tersebut harus sebesar 3,6Volt bila tidak ada tegangan silahkan cek komponen R2406 dan L2405 (lihat gambar)





ini gambar skema rangkaian jalur dari switch on/off sampai IC Power/RETU (silahkan di cek juga)


Ok.. sampai disini mudah-mudahan permasalahan auto power on pada ponsel N3110c selesai.
sumber: http://www.ponseltrik.com/2009/11/n3110-auto-power-on.html

Batery Drop saat Menelpon

Banyak sekali keluhan yang disampaikan oleh para pemakai ponsel kepada teknisi, batery saya cepat habis ataupun ponsel saya hidupkan tapi batery low, padahal baterynya baru dan bagus. Dari berbagai macam permasalahan tersebut disini akan saya ulas, sehingga kita punya gambaran solusi pemecahan dari masalah tersebut khususnya bagi para teknisi pemula.

Kerusakan ini diakibatkan dari konsumsi daya yang dibutuhkan pada waktu melakukan panggilan atau transmit tidak mencukupi. Beberapa komponen yang menyebabkan nyedot batery adalah komponen yang langsung mendapat power dari batery (VBat), dan komponen tersebut diantaranya IC PA (Power Amplifier)

Pada IC PA sering sekali terjadi korsleting (short), baik yang full short atau yang semi short. Hal ini bisa disebabkan karena ponsel jatuh, benturan ataupun karena kena air. Jika full short menyebabkan ponsel tersebut matot (mati total) dan jika terjadi semi short akan berakibat nguras batery atau nyedot batery.

Langkah penyenyelesaian:

1. Cek batery lebih dulu, kemungkinan batery kosong atau sudah rusak.

2. Cek jalur bagian IC PA dan Antena switch.

3. Gunakan power supply, saat ponsel anda masih dalam keadaan mati (off) maka lihatlah jarum ampere pada power supply tidak akan bergerak. Namun pada saat menyalakan ponsel dan melakukan panggilan dengan ponsel, maka akan dilihat jarum ampere menunjukkan angka diatas 400 mili ampere, sedangkan angka normal pada saat ponsel melakukan panggilan adalah di bawah angka 400 mili ampere.

4. Amati nomor seri IC tersebut apakah sesuai sesuai dengan type ponsel.

5. Angkat IC PA dan analisa kondisi dari kaki IC tersebut.

6. Lakukan penggantian pada IC PA.

7. Setelah itu lakukan pemeriksaan dan pengujian ulang pada ponsel seperti cara diatas, apabila sekarang hasil dari jarum ampere berada di bawah nilai 400 mili ampere maka ponsel sudah dalam keadaan baik.

8. Nyalakan ponsel, maka ponsel akan berfungsi dengan normal.

semoga bisa membantu...
sumber: http://www.ponseltrik.com/2009/12/batery-drop-saat-menelpon.html

Atasi Kondisi Offline Pada Nokia BB5

istilah Nokia BB5 (Base Band 5) adalah sebutan untuk ponsel Nokia yang sudah memiliki kemampuan untuk 3G, istilah ini sudah biasa digunakan oleh kalangan teknisi perbaikan ponsel. Meskipun tergolong sebagai ponsel handal, ponsel BB5 juga tidak luput dari permasalahan jika penggunanya kurang memahami ataupun kurang peduli dengan cara pemakaian yang baik.

Offline sendiri biasa kita dengar sebagai kemampuan sebuah ponsel untuk tidak mengaktifkan kartu sim. Sebagian besar ponsel memang memiliki kemampuan tersebut agar ponsel masih dapat digunakan ketika sedang berada di dalam pesawat terbang. Ketika offline sebuah ponsel tidak dapat digunakan untuk berhubungan atau menghubungi orang lain, namun masih dapat digunakan untuk fungsi lain, misalnya multimedia.

Nah, bagaimana jika sebuah ponsel hanya berfungsi offline saja dan tidak dapat digunakan untuk menelepon. Padahal kita sudah berusaha mengaktifkan ponsel dalam posisi online, bila sudah seperti ini berarti kartu sim tidak terbaca meskipun sudah terpasang dengan benar. Berikut ini saya akan memberikan tips hardware dengan mengambil contoh kasus pada ponsel Nokia. (baca juga mengenai emif sim card pada Nokia)

Berikut ini contoh gambar yang menyebabkan kerusakan offline pada Nokia BB5


Skema diagram N3250 (klik untuk memperbesar ukuran gambar)

Skema diagram N70 (klik untuk memperbesar ukuran gambar)

Perhatikan bahwa setiap komponen yang ditandai harus dilakukan pengukuran terlebih dahulu atau di panasi ulang, bila diketahui komponen tersebut rusak, solusinya ganti dengan yang baru.

Untuk beberapa tipe ponsel komponen tersebut mempunyai ukuran yang sama, lebih jelasnya lihat dengan menggunakan skema diagram sebagai panduannya.
sumber: http://www.ponseltrik.com/2010/02/atasi-offline-pada-nokia-bb5-base-band.html
Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Jambu Biji Bagi Kesehatan

Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Jambu Biji Bagi Kesehatan


jambu biji Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Jambu Biji Bagi Kesehatan
Siapa yang tidak kenal buah jambu biji, buah yang satu ini sudah sangat populer bagi masyarakat Indonesia. Di indonesia sendiri ada 2 jenis Jambu biji yang umum yaitu Jambu Biji Merah dan Jambu Biji Putih. Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang jambu biji merah karena memiliki kandungan gizi dan manfaat yang lebih banyak daripada jambu biji putih.

Kandungan Gizi Jambu Biji

Berikut ini kandungan gizi jambu biji merah per 100g
  • Asam pantotenat 0.451 mg 9%
  • Air 86 gram
  • Besi 0,26 mg 3%
  • Crypto-xanthin-ß 0 mcg
  • Elektrolit
  • Energi 68 Kcal 3,5%
  • Folates 49 mcg 12,5%
  • Fosfor 11 mg 2%
  • Thiamin 0,067 mg 5,5%
  • Total Lemak 0,95 g 3%
  • Vitamin A 624 IU 21%
  • Vitamin C 228 mg 396%
  • Vitamin E 0,73 mg 5%
  • Vitamin K 2.6 mcg 2%
  • Kalium 417 mg 9%
  • Kalsium 18 mg 2%
  • Karbohidrat 14,3 g 11,5%
  • Kolesterol 0 mg 0%
  • Lycopene 5204 mcg
  • Magnesium 22 mg 5,5%
  • Mangan 0,150 mg 6,5%
  • Mineral
  • Natrium 2 mg 0%
  • Niacin 1,084 mg 7%
  • Phyto-nutrisi
  • Protein 2,55 g 5%
  • Pyridoxine 0,110 mg 8,5%
  • Riboflavin 0,040 mg 3%
  • Selenium 0.6 mcg 1%
  • Seng 0,23 mg 2%
  • Serat diet 5.4 g 14%
  • ß-karoten 374 mcg
  • Tembaga 0,230 mg 2,5%

 Manfaat Jambu Biji Bagi Kesehatan

Berikut ini manfaat Jambu Biji Bagi Kesehatan :
  • Jambu Biji Diperkaya akan vitamin B3 yang berkhasiat melancarkan peredaran darah dan vitamin B6 yang berguna untuk meningkatkan fungsi sel saraf otak.
  • Jambu biji kaya kan folat yang bermanfaat sebagai salah satu sumber alami bagi kesuburan wanita.
  • Jambu biji merah disebutkan mengandung lycopene dua kali lebih banyak daripada tomat. Lycopene sendiri ampuh melindungi kulit dari sinar ultraviolet matahari dan melawan kanker prostat.
  • Jus jambu biji juga bisa menajdi pengobatan alternatif saat demam. Pasalnya, jambu biji bermanfaat untuk mengusir bakteri saat demam.
  • Meskipun jambu biji tidak mengandung yodium, namun buah tersebut mampu meningkatkan kesehatan tiroid. Sebab di dalam jambu biji ada senyawa copper yang mengontrol produksi hormon.
  • Membantu mengaktifkan enzim seperti thiamin, biotin, dan asam ascorbic, karena merupakan sumber manganese.
  • Kalium yang terdapat dalam jambu biji berkhasiat dalam meregulasi tekanan darah dalam tubuh. Kandungan ini juga bisa emmbantu menurunkan tingkat kolesterol dalam darah.
  • Buah yang satu ini aman bagi penderita diabetes. Pasalnya jambu biji akan membantu gula darah dalam keadaan yang terus stabil.
  • Baik bagi kesehatan pencernaan karena kandungan serat yang tinggi.
  • Vitamin C merupakan antioksidan yang melawan radikal bebas dan mampu menangkal kanker. Seperti yang disebutkan, jambu biji mengandung jumlah vitamin C empat kali lebih banyak dibanding jeruk.
Itulah segudang khasiat Jambu Biji bagi kesehatan. Untuk mendapatkan khasiat tersebut kita pun tidak perlu repot – repot karena sekarang dipasaran banyak terdapat sari jambu biji dalam kemasan yang mungkin dapat menjadi alternatif bagi anda yang memiliki banyak kesibukan.
sumber:http://hastomo.net/kesehatan/kandungan-gizi-dan-manfaat-buah-jambu-biji-bagi-kesehatan/
KANDUNGAN DAN MANFAAT PISANG

KANDUNGAN DAN MANFAAT PISANG

Buah pisang merupakan buah yang cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia. Buah ini cukup banyak ditemukan di daerah tropis, terutama di daerah-daerah yang memiliki tanah yang subur. Jenis buah pisang pun sangat beragam, sehingga kita bisa memilih buah tersebut sesuai dengan kebutuhannya. Kelebihan lain dari buah pisang ini adalah dapat dikonsumsi langsung sebagai buah segar dan dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan olahan.

BUAH PISANG

Energi yang terkandung dalam buah pisang sangat tinggi, bahkan kandungan energi tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan kandungan energi pada buah lain. Selain mengandung energi yang tinggi, buah pisang juga kaya akan kandungan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, diantaranya adalah kalsium, kalium, magnesium, phosphor, dan besi. Disamping itu buah pisang juga mengandung vitamin B, B6, dan C serta mengandung serotin yang aktif sebagai neutransmitter untuk kelancaran fungsi otak. Bila dibandingkan dengan buah apel, nilai energi pisang jauh lebih tinggi, yaitu 136 kal/100 g, sedangkan apel hanya 54 kal/100 g. Karbohidrat pada pisang mampu menyuplay energi lebih cepat dibanding nasi dan biskuit, sehingga para atlet olah raga banyak yang mengkonsumsi pisang pada saat jeda istirahat untuk mengganti energi mereka.

Kandungan energi pisang merupakan energi instan yang mudah tersedia dalam waktu singkat sehingga bermanfaat dalam menyediakan kebutuhan kalori sesaat. Buah pisang memiliki kandungan karbohidrat yang bersifat kompleks dan tersedia secara bertahap. Sehingga dengan mengonsumsi karbohidrat yang berasal dari buah pisangmaka dapat menyediakan energi dalam waktu singkat dan lebih tahan lama, serta menjadi cadangan energi yang cukup baik bagi tubuh.

Selain kandungan di atas, buah pisang juga banyak mengandung gula, terutama gula buah yang terdiri dari gula fruktosa berindeks sistemik lebih rendah bila dibandingkan dengan glukosa, sehingga cukup baik dimanfaatkan sebagai penyimpan energi karena metabolismenya lebih lambat. Untuk memenuhi kebutuhan energi bagi otak yang harus tersedia dengan cepat, terutama pada saat aktivitas biologis, maka buah pisangmerupakan pilihan yang tepat sebagai penyuplai energi tersebut. Kandungan lemak pada buah pisang yang rendah, kurang lebih hanya 0.13%, dimana kandungan tersebut lebih rendah dibandingkan dengan buah apel, pisang sangat cocok untuk dikonsumsi oleh orang yang bertubuh gemuk atau orang yang takut mengalami kegemukan.

Kandungan mineral yang terdapat pada buah pisang, seperti kalium, magnesium, fosfor, kalsium, dan besi, lebih tinggi bila dibandingkan dengan bahan makanan nabati lainnya. Mineral yang terkandung pada buah pisang, khususnya besi, hampir 100% dapat diserap tubuh. Kandungan besi pada buah pisang tersebut mencapai 2 mg per 100 g berat kering. Sementara itu kandungan seng pada buah pisang sebesar 0,8 mg per 100 g berat kering.

Kandungan vitamain pada buah pisang pun sangat tinggi, terutama provitamin A berupa betakaroten sebanyak 45 mg per 100 gram berat kering. Selain vitamin A,buah pisang mengandung vitamin B, yaitu tiamin, riboflavin, niasin, dan vitamin B6 atau piridoksin. Kandungan vitamin B6 pada buah pisang cukup tinggi, yaitu sebanya 0,5 mg per 100 gram berat kering. Selain berfungsi sebagai koenzim untuk beberapa reaksi dalam metabolisme, vitamin B6 berperan dalam proses sintesis dan metabolisme protein, khususnya serotin. Serotin berperan aktif sebagai neurotransmitter dalam kelancaran fungsi otak. Bukan hanya itu, vitamin B6 pun berperan dalam metabolisme energi yang berasal dari karbohidrat. Peran vitamin B6 ini sangat mendukung ketersediaan energi bagi otak untuk aktivitas sehari-hari.

Kandungan mineral utama pada buah pisang adalah kalium. kailum sangat besar peranannya bagi tubuh manusia, terutama berfungsi sebagai penjaga keseimbangan air, stabilitas kesehatan jantung, pengontrol tekanan darah, serta membantu transportasi oksigen ke otak. Kandungan vitamin dan kalori yang tinggi pada buah pisang menjadikan buah ini sangat baik digunakan sebagai makanan awal bagi bayi.

Kandungan gizi pada beberapa vaietas buah pisang di Indonesia

Pisang Ambon:
Kalori : 99 kal
Karbohidrat : 25,8 %
Vitamin A : 140 SI
Air : 72 %

Pisang Angleng :
Kalori : 68 kal
Karbohidrat : 17,2 %
Vitamin A : 76 SI
Air : 80,3 %

Pisang Lampung :
Kalori : 99 kal
Karbohidrat : 25,6 %
Vitamin A : 61,8 SI
Air : 72,1 %

Pisang Mas :
Kalori : 127 kal
Karbohidrat : 33,6%
Vitamin A : 79 SI
Air : - (sumber tidak terbaca)

Pisang Raja :
Kalori : 120 kal
Karbohidrat : 31,80 %
Vitamin A : 950 SI
Air : 65,80 %

Pisang Raja Sere :
Kalori : 118 kal
Karbohidrat : 31,1 %
Vitamin A : 112 SI
Air : 67 %

Pisang Raja Uli :
Kalori : 146 kal
Karbohidrat : 38,2 %
Vitamin A : 75 SI
Air : 59,1 %

Sumber : Direktorat gizi, 1977

Kandungan gizi pada buah pisang per 100 gram

Kalori : 90 kkal
Karbohidrat : 22,84 g
Gula : 12,23 g
Serat : 2,26 g
Lemak : 0,33 g
Protein : 1,09 g
Vitamin A : - (sumber tidak terbaca)
Tiamin (vit. B1) : 0,031 mg
Ribloflavin (vit. B2) : 0,073 mg
Niasin (vit. B3) : 0,665 mg
Asam Fantothanik (vit. B5) : 0,334 mg
Vitamin B6 : 0,367 mg
Folat (vit. B9) : - (sumber tidak terbaca)
Kalsium : 8,7 m9
Besi : 5 mg
Vitamin C : 0,26 mg
Magnesium : 27 mg
Fosfor : 22 mg
Potasium : 358 mg
Seng : 0,15 mg

Sumber : USDA Nutrient data base, 2007

Manfaat Pisang


Tanaman pisang merupakan tanaman yang banyak dimanfaatkan dalam aktivitas kehidupan manusia, terutama untuk berbagai keperluan hidup sehari-hari dan dikenal sebagai tanaman multiguna. Selain dimanfaatkan buahnya, hampir seluruh bagian tanaman pisang dapat dimanfaatkan, baik bonggol, batang, kulit buah, hingga daunnya. Seluruh bagian tanaman pisang juga baik digunakan sebagai bahan campuran dalam pembuatan pupuk organik, karena kandungan kalium dalam tanaman pisang sangat tinggi dan seluruh bagian tanaman ini mudah terdekomposisi. Barbagai manfaat dari tanaman pisang dalam aktivitas kehidupan manusia adalah sebagai berikut :

Manfaat Bonggol Pisang

Bonggol pisang adalah bagian dari tanaman pisang yang terdapat di bawah pangkal batang dan berupa umbi batang. Dengan teknologi pengolahan yang benar, bonggol pisang muda dapat dimanfaatkan dan diolah menjadi keripi yang merupakan bahan makanan kaya akan serat. Oleh masyarakat desa, air dari umbi batang pisang dapat digunakan sebagai obat tradisional, terutama untuk mengobati disentri dan pendarahan usus besar.

Manfaat Batang Pisang

Batang pisang banyak dimanfaatkan untuk pembuatan tali dalam pengolahan tembakau serta bagian yang paling sering dimanfaatkan untuk pembuatan kompos. Bahkan para peternak kini sudah banyak yang memanfaatkan batang pisang untuk diolah menjadi pakan ternak ruminansia terutama pada musim kemarau saat persediaan pakan terbatas. Manfaat lain dair batang pisang adalah air atau getah dari batang pisang juga bisa dijadikan sebagai penawar racun dan bahan baku dalam industri obat tradisional. Selain itu, batang pisang dari jenis abaca dapat diolah menjadi serat untuk bahan dasar pembuatan pakai atau kertas. Masih banyak lagi manfaat batang pisang dalam kehidupan sehari-hari manusia.

Manfaat Daun Pisang

Oleh masyarakat pedesaan, daun pisang yang masih bagus sering digunakan sebagai pembungkus makanan. Selain itu, pemanfaatan daun pisang untuk menghias makanan juga banyak dilakukan. Sementara daun-daun yang sudah tua dan robek digunakan sebagai pakan ternak karena banyak mengandung mineral yang dibutuhkan oleh hewan.

Manfaat Bunga Pisang (Jantung)

Jantung pisang banyak dimanfaatkan sebagai sayur karena memiliki kandungan protein, vitamin, lemak, dan karbohidrat yang tinggi. Selain dijadikan sayur, bunga pisang juga sering dimanfaatkan sebagai olahan makanan, manisan, acar, maupun lalapan.

Manfaat Buah Pisang

Buah pisang merupakan bagian dari tanaman pisang yang paling sering banyak dimanfaatkan dan merupakan bagian utama dari produksi tanaman pisang. Buah pisang sering dijadikan sebagai sumber vitamin dan mineral, buah meja, maupun produk olahan seperti keripik pisan dan sale pisang, tepung pisang, selai pisang, saribuah pisang, sirup pisang, dan berbagai jenis kue.

Buah pisang hijau bisa dimanfaatkan sebagai bahan utama untuk melakukan gurah atau menghilangkan dahak. Jika Anda ingin memanfaatkan buah pisang untuk gurah, adalah dengan membelah buah pisang hijau, kemudian pada bagian tengahnya diberi minyak kelapa. Setelah itu, pisang dibakar hingga matang. Setelah matang, kupas kulit buah pisang tersebut kemudian dimakan. Cara yang sangat sederhana untuk melakukan gurah dengan buah pisang sehingga siapapun bisa mencobanya. Selain itu, buah pisang juga memiliki khasiat untuk menyembuhkan penyakit anemia. Hal ini disebabkan buah pisang dapat meningkatkan hemoglobin darah. Kandungan kalium yang tinggi pada buah pisang bisa dimanfaatkan sebagai nutrisi untuk menghindari penyumatan pembuluh darah, mengurangi resiko stress, mencegah stroke, menurunkan tekanan darah yang terlalu tinggi, memberikan energi untuk berpikir serta menghindari kepikunan atau mudah lupa. Sementara serat yang terkandung dalam buah pisang bermanfaat untuk membantu program diet, perokok yang ingin menghilangkan pengaruh nikotin, mengontrol suhu badan, khususnya pada ibu hamil, serta menetralkan asam lambung.

Kulit Pisang

Kulit buah pisang juga memiliki manfaat yang sangat banyak, diantaranya adalah dapat dimanfaatkan sebagai bahan yang digunakan untuk mencampur cream antinyamuk serta dapat digunakan untuk membuat pactin dengan cara diekstrak dan diambil cairannya. Pemanfaatan kulit buah pisang yang paling sederhana adalah sebagai pakan ternak. Selain itu, kulit buah pisang bagian dalam dapat digunakan sebagai bahan pembuatan nata pisang, dengan cara dikerok kemudian dihancurkan. Manfaat lainnya dapat digaunakan sebagai pembunuh larva serangga, yakni dengan menambahkan sedikit urea dan pemberian bakteri dekomposer. Dengan kata lain, kulit pisang juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan pestisida nabati. Berdasarkan hasil temuan dari Taiwan diketuahui bahwa kulit pisang yang mengandung vitamin B6 dan serotini dapat diekstrak dan dimanfaatkan untuk kesehatan mata, yaitu menjaga retina mata dari kerusakan akibat cahaya berlebih.



Artikel Terkait
  • MANFAAT TOMAT

    Tomat merupakan salah satu jenis tanaman yang mempunyai manfaat ganda, yaitu sebagai buah dan sayur. Tanaman ini banyak dikonsumsi sebagai buah karena rasanya enak, segar dan kaya akan nilai gizi. Buah tomat yang berasa agak asam ini lebih banyak disukai orang ketika telah masak dan berwarna merah. Dan tenyata buah tomat berwarna merah lebih banyak mengandung vitamin A dan vitamin C lima kali lebih banyak daripada buah tomat berwarna hijau. Tingkat kematangan tomat menentukan kandungan vitamin C-nya. Semakin matang buah tomat semakin banyak mengandung vitamin C. Selain mengandung vitamin A dan vitamin C, buah ini juga mengandung vitamin B sekalipun dalam jumlah kecil....
  • MANFAAT SIRSAK

    Sirsak merupakan tanaman tropis dengan buah berasa dan beraroma. Selain mengandung berbagai vitamin, sirsak banyak mengandung mineral dan zat fitrokimia. Manfaat dan khasiat kandungan sirsak ini sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Buah sirsak terdiri dari 67,5 persen daging buah, 20 persen kulit buah, 8,5 persen biji buah, serta 4 persen inti dalam sirsak adalah karbohidrat. Salah satu jenis karbohidrat pada buah sirsak adalah gula pereduksi (glukosa dan fruktosa) dengan kadar 81,9 – 93,6 persen dari kandungan gula total. Secangkir sirsak mengandung karbohidrat hampir 38 g, merupakan sumber energi utama tubuh. Asupan karbohidrat harian Anda harus mencapai 45-65 persen dari kalori tubuh, yaitu 225-325 gram per hari untuk diet 2.000 kalori....
  • MANFAAT PEPAYA

    Pepaya yang dikenal dengan Caricapapaya adalah salah satu jenis buah yang kaya manfaat dan penuh nutrisi. Pepaya membutuhkan suhu rendah untuk pertumbuhan dan sangat cocok di daerah tropis, karena itu populasi pohon pepaya sangat banyak di negara kita. Sehari-hari kita pasti dengan mudah mendapatkan buah pepaya....
  • MANFAAT MANGGIS

    MANFAAT MANGGIS - Queen of fruits – ratu dari segala buah – itulah julukan buah manggis. Buah ini sangat berkhasiat bagi kesehatan dan kecantikan apalagi didukung dengan rasanya yang manis, lezat, serta lembut, membuat buah manggis banyak disukai orang. Semua bagian dari buah manggis kaya akan manfaat, mulai dari daging buah, biji bahkan kulit buah sekalipun, kecuali bagi wanita hamil. Konsumsi buah manggis setiap hari sangat dianjurkan untuk menjaga kesegaran tubuh kita....
  • MANFAAT KOPI

    Kopi adalah sejenis minuman yang berasal dari proses pengolahan dan ekstraksi biji tanaman kopi. Kata kopi sendiri berasal dari bahasa Arab: qahwah yang berarti kekuatan, karena pada awalnya kopi digunakan sebagai makanan berenergi tinggi. Kata qahwah kembali mengalami perubahan menjadi kahveh yang berasal dari bahasa Turki dan kemudian berubah lagi menjadi koffie dalam bahasa Belanda. Penggunaan kata koffie segera diserap ke dalam bahasa Indonesia menjadi kata kopi yang dikenal saat ini....
  • MANFAAT JERUK

    Buah jeruk merupakan buah yang paling banyak dijumpai di seluruh kota. Buah ini sudah sangat dikenal oleh berbagai lapisan masyarakat. Selain enak, buah jeruk juga memiliki banyak manfaat. Namun, dari berbagai jenis jeruk masing-masing mempunyai manfaat yang berbeda-beda....
  • MANFAAT CABE

    Cabai merupakan salah satu komoditas pertanian yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Komoditas cabai mengandung senyawa-senyawa serta gizi yang sangat berguna bagi tubuh. Kandungan senyawa cabai meliputi : kapsaikin, flavenoid, kapsisidin, kapsikol, dan minyak esensial....
  • MANFAAT BUAH DAN SAYUR

    Buah dan sayur memiliki banyak kandundan nutrisi atau zat kimia lain yang memiliki manfaat untuk menopang kesehatan tubuh. Kita semua tahu, bahwa kesehatan sangat mahal harganya, hal ini terbukti ketika kita dalam keadaan sakit yang membutuhkan perawatan medis, berapa biaya yang harus kita keluarkan selama di rumah sakit, belum lagi untuk membeli obat selama masa pemulihan, tentunya akan memakan biaya yang tidak sedikit. Setiap orang menginginkan hidup sehat, terbebas dari segala macam penyakit. Jika demikian, maka kita harus pandai menjaga pola makan dan pola hidup agar kesehatan kita selalu terjaga....
  • sumber:http://www.tanijogonegoro.com/2013/04/pisang.html

Beda Dual Core dan Core 2 Duo



Setelah sekian lama mencari perbedaan Dual Core dan Core 2 Duo, akhirnya pencarian berakhir sudah di tempat pameran komputer di salah satu sudut kota Surabaya. Saat mampir di salah satu stand yang menawarkan salah satu notebook produk lokal, iseng aku tanya pada salesnya, "Apa sih bedanya Core 2 Duo sama Dual Core ?". "Kalo Core 2 Duo itu teknologinya lebih baru, jadi lebih cepet..", gitu katanya.

Sempat keki aku dibuatnya. Kalo jawabannya seperti itu, aku juga udah tahu, pikirku seperti itu. "OO.. gitu ya??, Trus, kalo gitu Dual Core dengan kecepatan 2 Ghz dengan Core 2 Duo dengan kecepatan 2 Ghz juga, bedanya apa dong??", tanyaku lagi. Lalu sales itu jawab dengan sedikit grogi, mungkin dia udah ngerti kalo sedang aku kerjain.. hehe.. "Ya lebih cepet yang Core 2 Duo mas..".

Cape deh... sempat juga aku putar-putar pertanyaannya, dianya malah kebingungan. Akhirnya dia pake jurus pamungkas, yaitu memanggil temennya yang lebih senior. Dengan pertanyaan yang sama, yaitu perbedaan Dual Core dan Core 2 Duo. Inilah jawaban yang aku tunggu-tunggu... eng..ing..eng..

Kalo dua core itu, dalam satu processor memang ada dua "tempat kerja", namun tempat kerja kedua baru dipakai jika tempat kerja pertama sudah tidak sanggup melaksanakan tugasnya.

Nah, pada Core 2 Duo, dalam satu processor yang mempunya 2 "tempat kerja" juga, dua-duanya dipakai bersamaan dalam menyelesaikan satu tugas. Jadi disinilah letak perbedaannya. Makanya Core 2 Duo lebih cepet menyelesaikan tugas, karena satu tugas dikerjakan bersamaan di tempat yang berbeda.

Kalo di Dual Core, satu tugas diselesaikan di satu tempat dulu, setelah tempat pertama tidak mampu menyelesaikan tugas atau bebannya terlalu berat, maka, barulah digunakan tempat kerja kedua.

Selesai sudah penasaranku.. :)
sumber:http://www.setiaphari.com/2009/02/beda-dual-core-dan-core-2-duo.html

Tip mengganti lampu backlight ( CCFL ) pada Laptop


Dalam panduan ini cara membongkar sebuah layar LCD laptop dalam rangka untuk melepas dan mengganti lampu latar ( CCFL ).
Mengganti lampu backlight bukanlah tugas yang mudah bahkan untuk teknisi berpengalaman.
jika anda melakukan sesuatu yang salah, secara permanen akan merusak layar LCD dan anda harus membeli LCD yang baru. Maka dari itu anda harus extra hati-hati dalam menjalani tutorial ini.

Beberapa rekomendasi sebelum anda memulai pekerjaan ini.
1. Bekerjalah di sebuah ruangan yang bersih, pasti anda tidak ingin debu bersarang dalam layar LCD Anda.
2. Membuat catatan atau mendokumentasikan dengan kamera digital atau pun kamera hp, sehingga anda tahu cara merakit layar LCD anda kembali.
3. Sebelum anda melepas sesuatu, lihatlah lebih dekat pada bagian itu dan menghafal bagaimana cara memasangnya kembali.
4. Bila anda merakit layar LCD besihkan kotoran debu dengan kuwas halus atau mesin kompresor udara dan jangan gunakan kain.

Lampu latar ( CCFL ) terletak di dalam layar LCD, jadi terpisah dengan LCD.
Pada artikel ini saya tidak akan menjelaskan cara membongkar layar LCD dari laptop, pada artikel ini layar LCD sudah terlepas dari laptop.

Langkah 1.
Lepaskan solasi lengket dan kertas timah dari belakang layar dan lem di suatu tempat sehingga anda dapat menggunakannya kembali nanti, ketika Anda merakit layar.



Lihat Gambar:





Langkah 2.
Lepaskan solasi lengket yang membungkus kabel lampu latar.


Lihat Gambar:





Langkah 3.
Pada gambar layar dibawah ini papan pcb sirkuit hijau direkatkan pada bingkai plastik dengan double tape pada sisinya. Hati-hati melepas bingkai plastik yang menempel pada papan sirkuit, jangan melenturkan atau menekuk papan sirkuit.

Lihat Gambar:





Langkah 4.
Papan sirkuit yang telah dilepaskan dari double tape.

Lihat Gambar:





Langkah 5.
Posisikan layar LCD berdiri atau tidurkan dekat sisi meja lalu lepaskan bingkai logam penahan LCD dari frame plastik.
ada banyak pengait kunci pada semua sisi frame, anda dapat membukanya dengan obeng kecil atau dengan testpen.

Lihat Gambar:





Langkah 6.
Lanjutkan memisahkan bingkai logam dari dasar bingkai plastik.

Lihat Gambar:





Langkah 7.
Pada gambar berikut anda dapat melihat bingkai LCD, papan sirkuit dan dasar layar telah dipisahkan.
Hati-hati, jangan menyentuh komponen internal/dalam dengan jari-jari anda dan pegang semua komponen internal dari samping.

Lihat Gambar:





Langkah 8
letakan bingkai logam, LCD dan papan sirkuit disamping dinding.
anda akan membutuhkannya kembali ketika anda akan merakit semuanya kembali bersama-sama.

Lihat Gambar:





Langkah 9.
Akan ada beberapa lapisan transparan didalamnya, berhati-hatilah melepasnya dari dasar layar.
jangan pisahkan lapisan, letakan secara bersamaan disamping dinding.

Lihat Gambar:





Langkah 10.
Simpan semua secara teratur agar tidak repot pada saat merakitnya kembali.

Lihat Gambar:





Langkah 11.
lepaskan logam penutup dari lampu latar ( CCFL ).

Lihat Gambar:





Langkah 12.
Cover logam penutup backlight telah dilepaskan.

Lihat Gambar:





Langkah 13.
Lampu latar ( CCFL ) kabelnya yang diarahkan melalui kait plastik kecil.

Lihat Gambar:





Langkah 14.
Lepaskan kabel lampu backlight dari jalurnya.

Lihat Gambar:





Langkah 15.
Mungkin ini bagian tersulit dalam proses pembongkaran yaitu melepas lampu backlight dan reflektor.
Lampu backlight ini berada di dalam reflektor sehingga anda harus melepas keduanya dan kemudian memisahkannya.
Sebelum anda melepas lampu backlight dan reflektor , perhatikan dengan cermat bagaimana hal itu dirakit dan dipasang ke dasar layar.

Lihat Gambar:





Langkah 16.
Reflektor ini terpasang pada dasar layar dengan sebuah double tape.

Lihat Gambar:





Langkah 17.
Setelah reflektor dilepas dari dasar layar, Anda dapat mulai melepas lampu backlight.
Seperti yang anda lihat pada gambar, tandailah sisi kiri reflektor dengan titik merah.
jadi sewaktu anda memasangnya kembali, anda tidak bingung.

Lihat Gambar:





Langkah 18.
Lampu latar ( CCFL ) telah dilepas dari reflektor.

Lihat Gambar:





Langkah 19.
Untuk mengakses lampu backlight anda harus melepas topi karet dari kedua sisi lampu.
pergunakan sarung tangan karet untuk menyentuh lampu backlight.

Lihat Gambar:





Langkah 20.
Kabel pada kedua sisi lampu backlight disolder ke lampu latar.
lepaskan plastik isolator hitam pada kedua sisi lampu dan pergunakan solder untuk melepas kedua kabel tersebut.

Lihat Gambar:





Langkah 21.
Anda dapat menguji lampu latar baru ( CCFL ) sebelum anda menginstalnya kembali ke layar.
yaitu dengan cara menghubungkan lampu backlight ke papan inverter dan menyalakan laptop.
pada beberapa laptop lampu backlight tidak akan menyala sampai kabel video terhubung ke layar LCD.
sumber:http://teknisilaptop-indonesia.blogspot.com/2011/04/tip-mengganti-lampu-backlight-ccfl-pada.html

Komponen Resistor

1. RESISTOR
Resistor adalah komponen elektronika yang terbuat dari arang yang bersifat sebagai tahanan / penghambat. Satuan Resistor adalah Ohm (Ω). Ukuran lainnya adalah Watt.

1 Mega Ohm (MΩ) = 1.000 Kilo Ohm (KΩ)
1 Kilo Ohm (KΩ) = 1.000 Ohm (Ω)

Resistor memiliki gelang warna yang merupakan kode ukuran dari resistor tersebut. Resistor terbagi menjadi :

a. Fixed resistor ( resistor biasa ) adalah resistor yang ukurannya tetap.

b. Variable resistor adalah resistor yang ukurannya dapat dirubah.


Variable resistor ada 5 jenis yaitu :
• Potensiometer • Trimmer Potensio (Trimpot) • NTC (Negative Temperatur Coefficient) : semakin panas hambatannya semakin kecil • PTC (Positive Temperatur Coefficient) : semakin panas hambatannya semakin besar • LDR (Light Dependence Resistor) : bila terkena cahaya maka hambatan akan mengecil
Fungsi resistor dalam rangkaian elektronika :
• Sebagai beban rangkaian • Untuk membagi tegangan atau arus


Simbol Resistor dalam rangkaian :


Berikut daftar kode warna resistor :


Misal :

Resistor dengan gelang warna :

I. Coklat : 1
II. Hitam : 0
III. Merah : 00
IV. Perak : 10%

Jadi nilai resistor tersebut adalah 1000 Ohm atau 1 K Ohm dengan toleransi 10% artinya nilai aslinya bisa berkisar antara 900 Ohm – 1100 Ohm. Angka 900 didapat dari 1000 – (1000 x 10%) dan 1100 Ohm dari 1000 + (1000 x 10%).

GABUNGAN RESISTOR

Resistor Hubung Seri


Resistor yang dihubungkan seri nilai hambatannya adalah Rt = R1 + R2 + R ...
Misal : 1K Ohm + 1K Ohm = 2K Ohm




Resistor Hubung Paralel

Resistor yang dihubungkan paralel hasilnya adalah 1/Rt = 1/R1 + 1/R2 + 1/R .....
Misal : 1K Ohm diparalel dengan 1K Ohm hasilnya adalah 0,5 K Ohm.




Mengukur Resistor Dengan Multi Tester

1. Pastikan anda sudah melakukan zerro Ohm adj.
2. Putar batas ukur pada Ohmmeter (pastikan batas ukur lebih tinggi atau hampir sama dengan perkiraan resistor yang diukur).
3. Hubungkan probe ke masing-masing kaki resistor (bolak balik sama saja)
4. Lihat penunjukan jarum pada papan skala.





Kesimpulan Hasil Pengukuran
1. Jarum menunjuk angka sesuai dengan ukuran aslinya : resistor baik
2. Jarum menunjuk angka lebih besar / kecil dari ukuran aslinya : resistor rusak
3. Jarum tidak bergerak sama sekali : resistor putus
4. Jarum menunjuk angka nol : resistor short

sumber:http://ekohasan.blogspot.com/2010/03/panduan-service-monitor-crt-bab-ii.html