KANDUNGAN DAN MANFAAT PISANG

Buah pisang merupakan buah yang cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia. Buah ini cukup banyak ditemukan di daerah tropis, terutama di daerah-daerah yang memiliki tanah yang subur. Jenis buah pisang pun sangat beragam, sehingga kita bisa memilih buah tersebut sesuai dengan kebutuhannya. Kelebihan lain dari buah pisang ini adalah dapat dikonsumsi langsung sebagai buah segar dan dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan olahan.

BUAH PISANG

Energi yang terkandung dalam buah pisang sangat tinggi, bahkan kandungan energi tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan kandungan energi pada buah lain. Selain mengandung energi yang tinggi, buah pisang juga kaya akan kandungan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, diantaranya adalah kalsium, kalium, magnesium, phosphor, dan besi. Disamping itu buah pisang juga mengandung vitamin B, B6, dan C serta mengandung serotin yang aktif sebagai neutransmitter untuk kelancaran fungsi otak. Bila dibandingkan dengan buah apel, nilai energi pisang jauh lebih tinggi, yaitu 136 kal/100 g, sedangkan apel hanya 54 kal/100 g. Karbohidrat pada pisang mampu menyuplay energi lebih cepat dibanding nasi dan biskuit, sehingga para atlet olah raga banyak yang mengkonsumsi pisang pada saat jeda istirahat untuk mengganti energi mereka.

Kandungan energi pisang merupakan energi instan yang mudah tersedia dalam waktu singkat sehingga bermanfaat dalam menyediakan kebutuhan kalori sesaat. Buah pisang memiliki kandungan karbohidrat yang bersifat kompleks dan tersedia secara bertahap. Sehingga dengan mengonsumsi karbohidrat yang berasal dari buah pisangmaka dapat menyediakan energi dalam waktu singkat dan lebih tahan lama, serta menjadi cadangan energi yang cukup baik bagi tubuh.

Selain kandungan di atas, buah pisang juga banyak mengandung gula, terutama gula buah yang terdiri dari gula fruktosa berindeks sistemik lebih rendah bila dibandingkan dengan glukosa, sehingga cukup baik dimanfaatkan sebagai penyimpan energi karena metabolismenya lebih lambat. Untuk memenuhi kebutuhan energi bagi otak yang harus tersedia dengan cepat, terutama pada saat aktivitas biologis, maka buah pisangmerupakan pilihan yang tepat sebagai penyuplai energi tersebut. Kandungan lemak pada buah pisang yang rendah, kurang lebih hanya 0.13%, dimana kandungan tersebut lebih rendah dibandingkan dengan buah apel, pisang sangat cocok untuk dikonsumsi oleh orang yang bertubuh gemuk atau orang yang takut mengalami kegemukan.

Kandungan mineral yang terdapat pada buah pisang, seperti kalium, magnesium, fosfor, kalsium, dan besi, lebih tinggi bila dibandingkan dengan bahan makanan nabati lainnya. Mineral yang terkandung pada buah pisang, khususnya besi, hampir 100% dapat diserap tubuh. Kandungan besi pada buah pisang tersebut mencapai 2 mg per 100 g berat kering. Sementara itu kandungan seng pada buah pisang sebesar 0,8 mg per 100 g berat kering.

Kandungan vitamain pada buah pisang pun sangat tinggi, terutama provitamin A berupa betakaroten sebanyak 45 mg per 100 gram berat kering. Selain vitamin A,buah pisang mengandung vitamin B, yaitu tiamin, riboflavin, niasin, dan vitamin B6 atau piridoksin. Kandungan vitamin B6 pada buah pisang cukup tinggi, yaitu sebanya 0,5 mg per 100 gram berat kering. Selain berfungsi sebagai koenzim untuk beberapa reaksi dalam metabolisme, vitamin B6 berperan dalam proses sintesis dan metabolisme protein, khususnya serotin. Serotin berperan aktif sebagai neurotransmitter dalam kelancaran fungsi otak. Bukan hanya itu, vitamin B6 pun berperan dalam metabolisme energi yang berasal dari karbohidrat. Peran vitamin B6 ini sangat mendukung ketersediaan energi bagi otak untuk aktivitas sehari-hari.

Kandungan mineral utama pada buah pisang adalah kalium. kailum sangat besar peranannya bagi tubuh manusia, terutama berfungsi sebagai penjaga keseimbangan air, stabilitas kesehatan jantung, pengontrol tekanan darah, serta membantu transportasi oksigen ke otak. Kandungan vitamin dan kalori yang tinggi pada buah pisang menjadikan buah ini sangat baik digunakan sebagai makanan awal bagi bayi.

Kandungan gizi pada beberapa vaietas buah pisang di Indonesia

Pisang Ambon:
Kalori : 99 kal
Karbohidrat : 25,8 %
Vitamin A : 140 SI
Air : 72 %

Pisang Angleng :
Kalori : 68 kal
Karbohidrat : 17,2 %
Vitamin A : 76 SI
Air : 80,3 %

Pisang Lampung :
Kalori : 99 kal
Karbohidrat : 25,6 %
Vitamin A : 61,8 SI
Air : 72,1 %

Pisang Mas :
Kalori : 127 kal
Karbohidrat : 33,6%
Vitamin A : 79 SI
Air : - (sumber tidak terbaca)

Pisang Raja :
Kalori : 120 kal
Karbohidrat : 31,80 %
Vitamin A : 950 SI
Air : 65,80 %

Pisang Raja Sere :
Kalori : 118 kal
Karbohidrat : 31,1 %
Vitamin A : 112 SI
Air : 67 %

Pisang Raja Uli :
Kalori : 146 kal
Karbohidrat : 38,2 %
Vitamin A : 75 SI
Air : 59,1 %

Sumber : Direktorat gizi, 1977

Kandungan gizi pada buah pisang per 100 gram

Kalori : 90 kkal
Karbohidrat : 22,84 g
Gula : 12,23 g
Serat : 2,26 g
Lemak : 0,33 g
Protein : 1,09 g
Vitamin A : - (sumber tidak terbaca)
Tiamin (vit. B1) : 0,031 mg
Ribloflavin (vit. B2) : 0,073 mg
Niasin (vit. B3) : 0,665 mg
Asam Fantothanik (vit. B5) : 0,334 mg
Vitamin B6 : 0,367 mg
Folat (vit. B9) : - (sumber tidak terbaca)
Kalsium : 8,7 m9
Besi : 5 mg
Vitamin C : 0,26 mg
Magnesium : 27 mg
Fosfor : 22 mg
Potasium : 358 mg
Seng : 0,15 mg

Sumber : USDA Nutrient data base, 2007

Manfaat Pisang


Tanaman pisang merupakan tanaman yang banyak dimanfaatkan dalam aktivitas kehidupan manusia, terutama untuk berbagai keperluan hidup sehari-hari dan dikenal sebagai tanaman multiguna. Selain dimanfaatkan buahnya, hampir seluruh bagian tanaman pisang dapat dimanfaatkan, baik bonggol, batang, kulit buah, hingga daunnya. Seluruh bagian tanaman pisang juga baik digunakan sebagai bahan campuran dalam pembuatan pupuk organik, karena kandungan kalium dalam tanaman pisang sangat tinggi dan seluruh bagian tanaman ini mudah terdekomposisi. Barbagai manfaat dari tanaman pisang dalam aktivitas kehidupan manusia adalah sebagai berikut :

Manfaat Bonggol Pisang

Bonggol pisang adalah bagian dari tanaman pisang yang terdapat di bawah pangkal batang dan berupa umbi batang. Dengan teknologi pengolahan yang benar, bonggol pisang muda dapat dimanfaatkan dan diolah menjadi keripi yang merupakan bahan makanan kaya akan serat. Oleh masyarakat desa, air dari umbi batang pisang dapat digunakan sebagai obat tradisional, terutama untuk mengobati disentri dan pendarahan usus besar.

Manfaat Batang Pisang

Batang pisang banyak dimanfaatkan untuk pembuatan tali dalam pengolahan tembakau serta bagian yang paling sering dimanfaatkan untuk pembuatan kompos. Bahkan para peternak kini sudah banyak yang memanfaatkan batang pisang untuk diolah menjadi pakan ternak ruminansia terutama pada musim kemarau saat persediaan pakan terbatas. Manfaat lain dair batang pisang adalah air atau getah dari batang pisang juga bisa dijadikan sebagai penawar racun dan bahan baku dalam industri obat tradisional. Selain itu, batang pisang dari jenis abaca dapat diolah menjadi serat untuk bahan dasar pembuatan pakai atau kertas. Masih banyak lagi manfaat batang pisang dalam kehidupan sehari-hari manusia.

Manfaat Daun Pisang

Oleh masyarakat pedesaan, daun pisang yang masih bagus sering digunakan sebagai pembungkus makanan. Selain itu, pemanfaatan daun pisang untuk menghias makanan juga banyak dilakukan. Sementara daun-daun yang sudah tua dan robek digunakan sebagai pakan ternak karena banyak mengandung mineral yang dibutuhkan oleh hewan.

Manfaat Bunga Pisang (Jantung)

Jantung pisang banyak dimanfaatkan sebagai sayur karena memiliki kandungan protein, vitamin, lemak, dan karbohidrat yang tinggi. Selain dijadikan sayur, bunga pisang juga sering dimanfaatkan sebagai olahan makanan, manisan, acar, maupun lalapan.

Manfaat Buah Pisang

Buah pisang merupakan bagian dari tanaman pisang yang paling sering banyak dimanfaatkan dan merupakan bagian utama dari produksi tanaman pisang. Buah pisang sering dijadikan sebagai sumber vitamin dan mineral, buah meja, maupun produk olahan seperti keripik pisan dan sale pisang, tepung pisang, selai pisang, saribuah pisang, sirup pisang, dan berbagai jenis kue.

Buah pisang hijau bisa dimanfaatkan sebagai bahan utama untuk melakukan gurah atau menghilangkan dahak. Jika Anda ingin memanfaatkan buah pisang untuk gurah, adalah dengan membelah buah pisang hijau, kemudian pada bagian tengahnya diberi minyak kelapa. Setelah itu, pisang dibakar hingga matang. Setelah matang, kupas kulit buah pisang tersebut kemudian dimakan. Cara yang sangat sederhana untuk melakukan gurah dengan buah pisang sehingga siapapun bisa mencobanya. Selain itu, buah pisang juga memiliki khasiat untuk menyembuhkan penyakit anemia. Hal ini disebabkan buah pisang dapat meningkatkan hemoglobin darah. Kandungan kalium yang tinggi pada buah pisang bisa dimanfaatkan sebagai nutrisi untuk menghindari penyumatan pembuluh darah, mengurangi resiko stress, mencegah stroke, menurunkan tekanan darah yang terlalu tinggi, memberikan energi untuk berpikir serta menghindari kepikunan atau mudah lupa. Sementara serat yang terkandung dalam buah pisang bermanfaat untuk membantu program diet, perokok yang ingin menghilangkan pengaruh nikotin, mengontrol suhu badan, khususnya pada ibu hamil, serta menetralkan asam lambung.

Kulit Pisang

Kulit buah pisang juga memiliki manfaat yang sangat banyak, diantaranya adalah dapat dimanfaatkan sebagai bahan yang digunakan untuk mencampur cream antinyamuk serta dapat digunakan untuk membuat pactin dengan cara diekstrak dan diambil cairannya. Pemanfaatan kulit buah pisang yang paling sederhana adalah sebagai pakan ternak. Selain itu, kulit buah pisang bagian dalam dapat digunakan sebagai bahan pembuatan nata pisang, dengan cara dikerok kemudian dihancurkan. Manfaat lainnya dapat digaunakan sebagai pembunuh larva serangga, yakni dengan menambahkan sedikit urea dan pemberian bakteri dekomposer. Dengan kata lain, kulit pisang juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan pestisida nabati. Berdasarkan hasil temuan dari Taiwan diketuahui bahwa kulit pisang yang mengandung vitamin B6 dan serotini dapat diekstrak dan dimanfaatkan untuk kesehatan mata, yaitu menjaga retina mata dari kerusakan akibat cahaya berlebih.



Artikel Terkait
  • MANFAAT TOMAT

    Tomat merupakan salah satu jenis tanaman yang mempunyai manfaat ganda, yaitu sebagai buah dan sayur. Tanaman ini banyak dikonsumsi sebagai buah karena rasanya enak, segar dan kaya akan nilai gizi. Buah tomat yang berasa agak asam ini lebih banyak disukai orang ketika telah masak dan berwarna merah. Dan tenyata buah tomat berwarna merah lebih banyak mengandung vitamin A dan vitamin C lima kali lebih banyak daripada buah tomat berwarna hijau. Tingkat kematangan tomat menentukan kandungan vitamin C-nya. Semakin matang buah tomat semakin banyak mengandung vitamin C. Selain mengandung vitamin A dan vitamin C, buah ini juga mengandung vitamin B sekalipun dalam jumlah kecil....
  • MANFAAT SIRSAK

    Sirsak merupakan tanaman tropis dengan buah berasa dan beraroma. Selain mengandung berbagai vitamin, sirsak banyak mengandung mineral dan zat fitrokimia. Manfaat dan khasiat kandungan sirsak ini sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Buah sirsak terdiri dari 67,5 persen daging buah, 20 persen kulit buah, 8,5 persen biji buah, serta 4 persen inti dalam sirsak adalah karbohidrat. Salah satu jenis karbohidrat pada buah sirsak adalah gula pereduksi (glukosa dan fruktosa) dengan kadar 81,9 – 93,6 persen dari kandungan gula total. Secangkir sirsak mengandung karbohidrat hampir 38 g, merupakan sumber energi utama tubuh. Asupan karbohidrat harian Anda harus mencapai 45-65 persen dari kalori tubuh, yaitu 225-325 gram per hari untuk diet 2.000 kalori....
  • MANFAAT PEPAYA

    Pepaya yang dikenal dengan Caricapapaya adalah salah satu jenis buah yang kaya manfaat dan penuh nutrisi. Pepaya membutuhkan suhu rendah untuk pertumbuhan dan sangat cocok di daerah tropis, karena itu populasi pohon pepaya sangat banyak di negara kita. Sehari-hari kita pasti dengan mudah mendapatkan buah pepaya....
  • MANFAAT MANGGIS

    MANFAAT MANGGIS - Queen of fruits – ratu dari segala buah – itulah julukan buah manggis. Buah ini sangat berkhasiat bagi kesehatan dan kecantikan apalagi didukung dengan rasanya yang manis, lezat, serta lembut, membuat buah manggis banyak disukai orang. Semua bagian dari buah manggis kaya akan manfaat, mulai dari daging buah, biji bahkan kulit buah sekalipun, kecuali bagi wanita hamil. Konsumsi buah manggis setiap hari sangat dianjurkan untuk menjaga kesegaran tubuh kita....
  • MANFAAT KOPI

    Kopi adalah sejenis minuman yang berasal dari proses pengolahan dan ekstraksi biji tanaman kopi. Kata kopi sendiri berasal dari bahasa Arab: qahwah yang berarti kekuatan, karena pada awalnya kopi digunakan sebagai makanan berenergi tinggi. Kata qahwah kembali mengalami perubahan menjadi kahveh yang berasal dari bahasa Turki dan kemudian berubah lagi menjadi koffie dalam bahasa Belanda. Penggunaan kata koffie segera diserap ke dalam bahasa Indonesia menjadi kata kopi yang dikenal saat ini....
  • MANFAAT JERUK

    Buah jeruk merupakan buah yang paling banyak dijumpai di seluruh kota. Buah ini sudah sangat dikenal oleh berbagai lapisan masyarakat. Selain enak, buah jeruk juga memiliki banyak manfaat. Namun, dari berbagai jenis jeruk masing-masing mempunyai manfaat yang berbeda-beda....
  • MANFAAT CABE

    Cabai merupakan salah satu komoditas pertanian yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Komoditas cabai mengandung senyawa-senyawa serta gizi yang sangat berguna bagi tubuh. Kandungan senyawa cabai meliputi : kapsaikin, flavenoid, kapsisidin, kapsikol, dan minyak esensial....
  • MANFAAT BUAH DAN SAYUR

    Buah dan sayur memiliki banyak kandundan nutrisi atau zat kimia lain yang memiliki manfaat untuk menopang kesehatan tubuh. Kita semua tahu, bahwa kesehatan sangat mahal harganya, hal ini terbukti ketika kita dalam keadaan sakit yang membutuhkan perawatan medis, berapa biaya yang harus kita keluarkan selama di rumah sakit, belum lagi untuk membeli obat selama masa pemulihan, tentunya akan memakan biaya yang tidak sedikit. Setiap orang menginginkan hidup sehat, terbebas dari segala macam penyakit. Jika demikian, maka kita harus pandai menjaga pola makan dan pola hidup agar kesehatan kita selalu terjaga....
  • sumber:http://www.tanijogonegoro.com/2013/04/pisang.html

0 Response to "KANDUNGAN DAN MANFAAT PISANG"

Posting Komentar