Atasi Kondisi Offline Pada Nokia BB5

istilah Nokia BB5 (Base Band 5) adalah sebutan untuk ponsel Nokia yang sudah memiliki kemampuan untuk 3G, istilah ini sudah biasa digunakan oleh kalangan teknisi perbaikan ponsel. Meskipun tergolong sebagai ponsel handal, ponsel BB5 juga tidak luput dari permasalahan jika penggunanya kurang memahami ataupun kurang peduli dengan cara pemakaian yang baik.

Offline sendiri biasa kita dengar sebagai kemampuan sebuah ponsel untuk tidak mengaktifkan kartu sim. Sebagian besar ponsel memang memiliki kemampuan tersebut agar ponsel masih dapat digunakan ketika sedang berada di dalam pesawat terbang. Ketika offline sebuah ponsel tidak dapat digunakan untuk berhubungan atau menghubungi orang lain, namun masih dapat digunakan untuk fungsi lain, misalnya multimedia.

Nah, bagaimana jika sebuah ponsel hanya berfungsi offline saja dan tidak dapat digunakan untuk menelepon. Padahal kita sudah berusaha mengaktifkan ponsel dalam posisi online, bila sudah seperti ini berarti kartu sim tidak terbaca meskipun sudah terpasang dengan benar. Berikut ini saya akan memberikan tips hardware dengan mengambil contoh kasus pada ponsel Nokia. (baca juga mengenai emif sim card pada Nokia)

Berikut ini contoh gambar yang menyebabkan kerusakan offline pada Nokia BB5


Skema diagram N3250 (klik untuk memperbesar ukuran gambar)

Skema diagram N70 (klik untuk memperbesar ukuran gambar)

Perhatikan bahwa setiap komponen yang ditandai harus dilakukan pengukuran terlebih dahulu atau di panasi ulang, bila diketahui komponen tersebut rusak, solusinya ganti dengan yang baru.

Untuk beberapa tipe ponsel komponen tersebut mempunyai ukuran yang sama, lebih jelasnya lihat dengan menggunakan skema diagram sebagai panduannya.
sumber: http://www.ponseltrik.com/2010/02/atasi-offline-pada-nokia-bb5-base-band.html

1 Response to "Atasi Kondisi Offline Pada Nokia BB5"