memperbaiki laptop hp 430 mati total

laptop sekarang bukan barang mahal dan mewah, karena sekarang sudah menjadi kebutuhan untuk menutupi  ketergantungan pada mesin ketik jadul. bahkan laptop bisa lebih dari itu. tidak hanya untuk mngerjakan pekerjaan kantor saja melainkan bisa untuk media edukasi terhadap anak anak, juga bisa di gunakan sebagai tempat menghilangkan penat, salahsatu tipsnya adlah menjadikan laptop sebagai laptop game.
seiring dengan itu tentu saja ada kalanya masalah terjadi pada laptop anda, misal saja keyboard rusak, tidak bisa di install, atau juga mungkin bisa karena virus netbook seperti trojan lantas menjadikan  lemot dan tidak bisa booting. masalah itu bisa di bilang masih dalam kadar ringan, artinya biaya yang di keluarkan tidak sebanyak jika laptop mati total.
berbicara soal mati total saya juga punya cerita tentang laptop hp 430 yang hanya menyala beberapa saat led poernya tanpa ada putaran kipas setelah itu mati lagi. kalausekarang sobat juga mengalami hal yang sama bisa ikuti langkah dan tutorial berikut ini :

1. cek bateri dan arus

yang harus di lakukan dalam mendiagnosa kerusakan adalah memeriksa arus. arus listrik yang masuk apa benar benar sesuai kebutuhan atau tidak stabil. konektor yang kendor atau charger yang sudah rusak bisa menjadi sebab laptop mati.
kemungkinan kedua yang masih berhubungan dengan tegangan adalah putusnya konektor dari listrik ke port powr. namun ini bisa diatasi dengan baterai di charger di luar. namun tidak menjamn untuk keberhasilannuya. tapi bisa di coba.

2. ceck LCD display

kalau arus yang masuk ternyata masih bagus kemudian tinggal check vganya jika sempat muncul bios atau kedip di layar itu menandakan bahwa led atau lcd masih bekerja dengan baik, namun sebaliknya jika tidak ada penampakan di layarbisa di curigai kalau lcd ada trouble.
solusiya bisa menggunakan display external, bisa lcd monitor, atau proyektor. dengan ini akan bisa mencari penyakit yang sebenarnya sedang dialami oleh notebook itu.

3. ceck ram

kemungkinan yang bisa diambil berikutnya adalah ram ( random access memory) siapa tahu memang memory sudah rusak atau kotor pada pinnya. siapkan penghapus pensil untuk membersikan pin ram dan kuas untuk menyapu slot ram pada laptop.
jika sudah silahkan cek lagi dengan cara menghidupkan pada power, kalau masih samasaja berarti berlanjut ke prediksi selanjutnya. kemungkinan itu bisa bermacam macam, dugaan yang pertama over heat, mb bermasalah, atau memang aa jalur yang konslet pada rangkaian komopen laptop.

4. ceck mainboard

ini adalah tingkat tersulit yang ada dalam penanganan service laptop, disini di butuhkan keterampilan dan kesabaran untuk menemukan masalah yang menerpa laptop sehingga tidak bisa hidup. setiap komponen yang terpasang harus di ceck satu persatu. tak hanya itu ukuran part yang tidak besar membuat harus lebih extra fokus. jika tidak hanya akan melahirkan kerusakan yang lebih parah.
lepas processor dari mobo, kemudian leaps juga piranti yang lain, seperti memory, hdd, keyboard dan yang lainya kemudian cucilah dengan tyner. tiner ya bukan minyak cat. ciri ciri dari tiner adalah baunya tidak setajam minyak cat. menurut teman katanya minyak cat baunya bisa membuat mual dan pusing.
itulah urutan dari memprediksi kerusakan yang dialami laptop. pada setiap trouble shoting ada cara penanganan tersendiri jika tidak paham lebih baik bawa ke service center untuk mengurangi dampak rusak lebih parah.
sumber:http://bongkardong.blogspot.com/2013/03/memperbaiki-laptop-hp-430-mati-total.html

1 Response to "memperbaiki laptop hp 430 mati total"