cara mengatasi virus video dan shortcut di laptop

OK sobat satria komputer kali ini kang eko pengin share tentang mengatasi masalah virus short cut,memang sangat menjengkelkan virus ini tapi jangan kwawatir karena kang eko akan share cara mengatasinya, silahkan menyimak dan semoga bermanfaat.
sekarang ini virus semakin menjamur seperti barang yang tak asing lagi. type dan jenisnya pun bermacam macam. dari virus ringan sampai virus yang sangat berbahaya. beberapa virus  hanya menginjeksi file dan mengubah menjadi file shortcut dengan menyembunyikan file atau folder aslinya.

ini tergolong virus yang biasa saja. ada juga virus yang jenis memeatikan. dia meninggalkan shortcut sesuai nama file awal dan menghapus file aslinya. gawat bukan?

tapi jangan khawatir karena ada solusinya. sekarang kita lihat dulu penampakan virus itu :


itulah type contoh virus yang menyerang komputer ini sehingga semua file yang ada di drive D dan E: . untung saja user sangat penyabar jadi tidak nangis waktu tahu semua data telah musnah . cara mengangani virus ini adalah :

1. siakan alat dan bahan

alatnya adalah DVD Room atau DVD combo. sedangkan bahannya adalah hiren boot cd terbaru, bisa yang versi 10, versi 15, atau versi yang terbaru. utuk check bisa lihat disini. disana bisa download secara gratis. tapi jangan lupa untuk donasi agar semakin bagus dan di perbaharui lagi tool tool yang ada.

HBCD ini merupakan tool yang mumpuni untuk mengatasi virus. selain linux tentunya. tapi ingat jangan gunakan HBCD live usb . pengalaman saya jika menggunakan flashdisk justru ikut terinfeksi juga. di karenakan sifat ari usb tidak read only tidak seperti cd yang tidak bisa re write.

2. Proses pembasmian virus

ketika alat dan bahan sudah siap nayalakan komputer dan setting boot pada cd atau dvd room. selanjutnya sebelum keluar dari bios masukkan d\hiren yang sudah di burn ( di bakar) ke cd. setelah itu baru tekan f10 dan enter untuk menyimpan konfigurasi bios tadi.

tunggu hingga group booting muncul. ada beberapa pilihan untuk booting ada boot from hard rive, mini windows xp, dos program. nah pilih mini windwos xp.

proses akan berjalan hingga tampilan windows muncul. masuk pada drive yang tekena virus. hapus semua file dengan type shortcut. untuk memudahkan pencarian bisa gunakan fasilitas search. dan ketikkan .LNK (dengan huruf kecil) ingat! .lnk bukan .ink. akan muncul semua file virusnya. blok semua dan tekan del.

lakukan itu pada drive lain. jika ada D: dan E: serta flashdisk makasecara berurutan ikuti langkah itu. ceck kembali semua drive dan pastikan tak ada lagi virus itu.

3. finishing pembasmian virus

langkah terakhir untuk menghapus virus secara permanent adadlah dengan install ulang. back up terlebih dahulu data yang ada di pastisi C sebelum inul. jika sudah lakkan install ulang dan install anti virus. baca anti virus rekomendasi yang ampuh. dan scan smua drive. jangan terlebih dahulu buka file yang ada di drive selain partisi operating system.

dengan tiga langkah itu bisa dipastikan virus akan habis. tentu saja harus ada tindakan selanjutnya agar komputer atau laptop tetap aman. tunggu posting selanjutnya ya
sumber
:http://bongkardong.blogspot.com/2013/03/cara-mengatasi-virus-video-dan-shortcut.html

1 Response to "cara mengatasi virus video dan shortcut di laptop"