OVER HEAT DAN PENGARUHNYA PADA LAPTOP

Laptop mempunyai pendingin yang di sebut dengan fan. kipas ini terletak di dalam casing. berdekatan dengan motherboard. fungsi utama dari kipas ini ialah untuk menstabilkan suhu processor netbook atau laptop. putaran daripada fan sudah di tentukan berdasar kebutuhan suhu normal. ukurannyapun sudah daitur sedemikian rupa shingga laptop tetap dalam keadaan dingin. biasanya letak kipas ada di samping casing. dan terhubung dengan ventilasi daripada laptop.

namun apa jadinya jika fan mati? laptop akan cepat panas atau yang di kenal dengan istilah over heat. over heat ialah keadaan laptop dengan suhu diatas rata rata. penyebab bukan hanya karena kipas yang rusak akan tetapi umur dari laptop.

cara termudah untuk mengetahui akan suhu laptop adalah dengan gadget cpu meter. sebab di windows 7 kita bisa mengamati tingakat panas dari sebuah cpu yang di gunakan. selain itu ada juga parameter untuk laporan penggunaan ram.



kembali ke permasalahan, over heat saya temuhi pada asus 1025B. di driverpack didapatai suhu 78 cecius. tentu saja ada atention bahwa itu sudah dalam kondisi panas berlebihan. dan itu meresahkan saya. sebab ini akan berdampak buruk kedepannya.

untuk mengatasi hal itu inilah tips dari saya :

1. lepas harddisk.

kenapa hadd? sebab ketika over heat menyerang laptop biasanya akan sering terjadi restart sendiri, mati tiba tiba, atau tidak mau mati padahal di layar sudah mati akan tetpai led power tetap menyala. dan kipas tetap berputar. dengan hdd terlepas menghindari akan hdd yang bad sector. jika terlalu sering laptop shutdown tiba tiba pasti hdd bisa terkena bad sector dan akirnya mati.

2. priksa kipas laptop

jika fan memang banyak debu bersihkanlah. dengan kuas. jika sudah bersih jangan lupa menambah pelumas pada poros kipas supaya putaran lancar kembali.

jangan lupa juga untuk mengatur pada bios putaran kipas sesuai dengan suhu komputer atau laptop sehingga akan disesuaikan dengan suhu yang ada.

3. bersihkan saluran udara di laptop

. debu yang menempel biasanya akan mengakibatkan aliran udara atau sirkulasi tidak bagus. kalau sudah bersih dan processor sudha di tambah pasta di harapkan aliran udara akan baik dan overheat bisa teratasi.

jika tidak di tangani secara cepat maka hal berikut yang akan terjadi :

1. segera bawa ke service center terdekat.

 jika memang ingin mengambil resiko bongkar sendiri saja. dan ceck apakah semua dalam keadaan baik baik saja. jika tidak kemungkinan pertama adalah hdd yangakan menjadi korban. hdd sangat rentan dengan danya listrik yang tiba tiba tiba terputus. sehingga kemungkinan pertama hdd yang akan menjadi korban.

2. processor mati

ini dia yang tidak di harapkan. kalau memang sirkulasi tidak lancar akan berakibat panas yang luar biasa pada cpu. hal ini jika terus di biarkan akan segera wafat .

3. motherboard

kalau processor tidak apa apa maka motherboardlah yang akan meimpa akibatnya. motherboard bisa saja konslet dan meledak. namun meledak jarang sekali terjadi. yang sering ialah ada satu komponen yang mati atau tidak berjalan.

semoga pengaruh itu tidak terjadi pada sahabat semua ya. dan juga type asus x101H itu juga rawan mengalami hal ini.
sumber: http://bongkardong.blogspot.com/2013/05/laptop-over-heat-dan-pengaruhnya.html

2 Responses to "OVER HEAT DAN PENGARUHNYA PADA LAPTOP"

  1. If your laptop have heating problem then you need to help of Laptop repair expert. If you get expert service for Laptop repair in Delhi then you are at right place.

    BalasHapus