8 TIPS DASAR SERVIS LAPTOP

Permasalah laptop kini semakin menjamur dengan adanya laptop di pasaran. haraganya pun relatif murah. untuk laptop baru dan second kita bisa memilih untuk kualitas bagus. mungkin istilah second lebih cocok daripada kata bekas. tapi yang pasti membeli laptop tidak harus datang ke toko [penjual laptop namun bia lewat toko online. tentu saja yang terdekat dengan lokasi tempat anda. misal saja di yogyakarta, surabaya, jakarta atau bandung.

pada kali ini saya akan membahas tentang trik dasar menganalisa kerusakan pada laptop secara detail. ini termasuk tutorial gratis. karena anda tak perlu keluarkan uang atau membeli ebook yang harganya biasanya berkisar antara 100 ribuan. namun disini anda bisa belajar service notebook sendiri.

berikut gejala yang timbul pada laptop dan solusi awal yang bisa di lakukan guna mengatasi kendala yang ada :

1. Maslah pada lcd

untuk lcd ada bebrapa gejala yang biasanya terjadi. diantaranya adalah gambar berubah menjadi putih semua, gambar bergoyang, gambar berkedip waktu buka tutup.
Solusi : untuk masalah ini tidak ada hubungannya dengan motherboard karena intinya da pada kabel lcd atau led. pastikan kabel yang terhubung ke motherboard tidak ada debu, semut atau bahkan kotoran lain. bersihkan dengan hati hati kemudian pasang lagi untuk yang terakhir adalah pakaiakan solasi atau isolasi pada kebel sehingga benar benar menempel pada lcd. fungsinya untuk menghindari lepas atau kendor.

2. booting led nyala kemudian mati lagi.

maksudnya ada tanda bahwa laptop menyala tapi karena kerusakan itu tidak sampai beberapa detik mati lagi.
Solusinya : untuk kasus ini memang agak berat karena berhubungan dengan papan induk. lepas dan bongkar laptop kemudian ambil processornya dan bersihkan. bersihkan processor dan mainboardnya. terutama pada bagian fan atau kipas. jika banyak debu bisa jadi karena memang sudah lama tidak di bersihkan. kemudian paang lagi pada motherboard. kalau maslah ini tetap muncul berarti memang ada masalah yang serius pada motherboard laptopnya.

3. lampu menyala saat di nyalakan tapi tidak muncul di layar

cek apakah lcd masih bekerja dengan baik. sambungkan laptop ke monitor lain atau coba dengan led milik cpu. jika di sana muncul gambar berati lcd.

namun jika masih tidak nyala juga lcd aman dan beralih ke RAM. lepas ram dan bersihkan. pasang lagi dan test. jika hasilnya tidak berbeda di mungkinkan kerusakan pada mainboard.

4. nebook mati , saat charger di pasang lampu indikator berkedip 

kasus ini luamayan membuat pusing. cek apakah charger bekerja baik atau tidak. saya alami pada asus x101H seperti ini ternyata kualitas charger yang tidak bagus. atau memang saat itu baterai benar benar dala mkeadaan habis sehingga ada waktu sampai 10% baterai terisi baru dia akan bisa nyala lagi. namun jika tidak ada perubahan itu artinya penyebab utama adalah mainboard.

5. LCD kadang kadang berwarna putih atau mati setelah beberapa menit

saya juga bebrapa waktu lalu mengalami hal yang sama untuk byon seri M31H ternyata yang bermasalah adalah kabel inverter. yaitu kabel yang di gunakan pada lcd laptop kemudian baru ke motherboard. ganti dengan yang baru atau ceck apakah masih bagus atau tidak.

6. DVD atau optic tidak terdeteksi

solusi untuk maslah ini adalah lepas optc dan bersihkan konektor atau socketnya. jika masih tidak bisa juga ,mungkin socket yang ada pada mainboard memang sudah rusak.

7. DVD terdeteksi tapi tidak bisa membaca

kalau sudah begini ganti opticnya lepas dvd dan ganti opticnya dengan yang lain

8. Wi-fi tidak bisa akses internet.

solusi:
- Lakukan REPAIR, caranya: klik kanan icon Wireless, klik REPAIR pada WinXP/REPAIR AND DIAGNOSIS pada WinVISTA
- Klik kanan My Computer, Klik Manage, Klik Services and aplication, Klik Services, Klik WLAN AutoConfig pada WinVISTA/ Windows zero configuratin pada WinXP, Klik tulisan Stop, Klik tulisan Restart.
untuk lebih mengetahui secara detail bisa menyimpulkan dari teman teman yang berdiskusi tentang laptop di forum laptop.untuk mempermudah service siapkan alat alat yang akan di gunakan untuk service. juga baca cara service degnan teliti dan benar agar nanti tidak menyisakan secrup atau baut.
sumber: http://bongkardong.blogspot.com/2013/04/8-tips-dasar-service-laptop-toshiba.html

10 Responses to "8 TIPS DASAR SERVIS LAPTOP"

  1. Numpang nanya, kalau misalnya laptop cuma mau membaca flashdisk merk tertentu dan tidak mau membaca yang lain, termasuk memory card dan sambungan handphone itu bagaimana, ya?

    BalasHapus
  2. Nice Info Jangan Lupa Kunjungi Blog Saya http://rentallaptopdimalang.blogspot.com/

    BalasHapus
  3. makasih ya min sangat membantu ini bagi saya yang belajar servis

    BalasHapus
  4. gan,klw laptop dicarger hidup tpi saat ditekan tombol power tidak tampil bagaimana solusinya?

    BalasHapus
  5. Gan laptop saya gak ngetik gimana ya?

    BalasHapus
  6. Gan laptop saya gak ngetik gimana ya?

    BalasHapus
  7. artikel sangat membantu gan, sebenarnya dari dulu permasalahan dunia komputer ya begini aja sih, but sangat bermanfaat infonya.
    kunjungan balik dong gan, barangkali bisa kerjasama
    http://sewalaptop.id

    BalasHapus
  8. Bagaimana caranya mengganti layar laptop peca/hancur?

    BalasHapus
  9. Makasih untuk share info ini, bermanfaat.
    Ditunggu kunjungan baliknya ke Web Saya ya.

    Regards,
    https://www.agres.id

    BalasHapus