cara mengatasi laptop yang tidak bisa di install

cerita sedikit bahwa ada berbagai macam masalah yang terjadi pada laptop, seperti laptop cepat panas, laptop tidak tampil di display, lcd retak, keyboard error, dan lain sebagainya. ada juga masalah laptop yang tidak bisa di install.
cara install laptop 5 menit

Kronologi kejadian yang saya alami seperti ini. laptop dengan mrek BenQ joybook R43E lcd minta ganti, tambah HDD, dan ganti baterai. setelah LCD datang lansung saya pasang. maka tampillah booting awal. darisana saya langsung psaang hdd dengan kapasitas 320 GB. dan melanjutkan ke tahap instalasi laptop.

bahan dan alat sudah saya siapkan. yaitu master os dan dvd. untuk dvd saya pakai internal. karena pada bios masih terdeteksi. akan tetapi setelah cd saya masukkan tidak ada tanda tanda bahwa cd atau dvd terbaca. sehingga yang tampil hanya booting lewat lan card saja.

jika sekarang ini anda mengalami hal yang sama janganlah khawatir ada solusi disini. ikutilah langkah langkah berikut untuk menyelesaikan troubleshoting tersebut :

1. Ganti master OS

penglaman saya biasanya karena master dvd installer sudah rusak atau corrupt sehingga optik tak dapat membacanya. coba burn ulang iso master yang masih mentah.setelah itu coba masukkan lagi ke optik dan setting bios ke dvd anda.

2. ganti Optic drive

jika master seperti nomor satu tidak ada masalah ada indikasi bahwa optik anda yang bermasalah. ini bisa di sebabkan debu yang menempel pada pembaca dvd atau memang faktor umur. siapkan master yang installer windows atau linux dan coba dengan dvd external atau optik inernal yang sudah teruji masih bekerja.

3. HDD yang tidak kompatible

pada kasus yang saya alami ternyata hdd yang tidak support. hdd yang seharusnya terpasang tenryata tidak mampu terbaca dengan alasan terlalu besar. walau tidak secara text laptop memberi pesan , namun dari penampakan yang di temui memang hdd tidak cocok. hdd yang mampu bekerja dengan baik adalah hdd dengan size 80 Gb. saya sendiri sangat tercengang, pasalnya dengan processor centrino seharusnya tidak ada masalah dengan kapasitas HDD.

Mau bagaimana lagi ternyata Mainboard laptop benQ yang sedang saya kerjakan hanya mau membaca hdd dengan size 80 Gb tersebut. dan yang lebih aneh lagi hdd tersebut bukan diinstall di laptop tersebut melainkan sudah ada dari laptop yang lama. tapi berbeda dengan hdd yang 320 gb, 80 gb ini ternyata bisa shutdown dan restart secara normal.

akhirya bisa ketemu juga penyakitnya. semoga saja bisa menjadi pelajaran bagi saya dan bisa memberi sedikit petunjuk untuk penyelesaian kasus anda.
sumber: http://bongkardong.blogspot.com/2013/03/cara-mengatasi-laptop-yang-tidak-bisa.html

1 Response to "cara mengatasi laptop yang tidak bisa di install "