cara mengatasi laptop wifi tidak terdeteksi di windows

wifi merupakan sebuah alat yang penting di dalam laptop. wifi berfungsi untuk menikmati jaringan hot spot. sehingga jika tidak ada wifi maka akan berbeda dengan laptop lain. pada dasarnya wifi tergolong sebagai periperal yang wajib ada di setiap netbook atau laptop. wifi merupakan singkatan dari wirelles fidelity.
cara bobol wifi

Dan tak kala tak ada modem ini bisa di gunakan sebagai media koneksi internet.kalau tidak ada modem dan wifi bermasalah bagaimana? ini merupakan salah satu bagian dari permasalahan yang terjadi pada laptop. untuk itu pula sekarang saya akan berbagi pengalaman tentang bagaimana cara  mengatasi masalah wifi tidak bisa untuk hotspotan.

1.cek keaktifan wifi

syarat untuk tersambungnya wifi dengan jaringan yang tersedia adalah sudah dalam posisi on. on artinya wifi mampu mendeteksi adanya suatu jaringan wifi di sekitarnya. ada beberapa cara untuk mengecek salah satunya adalah dengan menekan tombol fn atau fungsional di tambah tombol yang ada logo atau icon sinyal, wifi dan yang sejenis dengannya.

biasanya akan ada led atau lampu yang menyala di dekat led power, atau dekat led hdd. setiap laptop tidak bisa di pastikan sama. untuk laptop acer biasanya ada di dekat led hdd yang berada di pojok kiri atas. namun untuk asus dan yang lainnya bisa cek di masing masing tombol keyboarnya.

2. atur wilan menjadi enable

saat pertama kali booting kita tekan f2 atau del setelah itu masuk di menu advanced kemudian pada feature pastikan pada pilihan wilan sudah aktif atau dengan tulisan enable.

ini juga berlaku pada kasus lain pada lan, dan audio. pastikan semua pada posisi enable agar berfungsi secara maksimal.

3. install driver

ketika di bios sudah normal maka selanjutnya ceck apakah driver sudah masuk. ada kalanya windows 7 tidak mau diinstall.. untuk mengatasi ini bisa di lihat di device managernya masing masing. klik start --klik kanan computer--pilih properties--klik device manager. jika tertera di sana bahwa ethernet controller belum terinstall atau masih bertanda hijau itu artinya memang penyebab utama dari kegagalan masuk hotspot adalah itu.

carilah DVD  bawaan dari laptop kemudian masukkan ke dalam cd dan install manual. atau jika pada saat pertama kali beli tidak di sertakan drivernya bisa masuk di web resmi masing masing vendor. di sana sudah tersedia semua driver. mulai driver untuk windows XP / 7 / vista / 8. dan juga terdapat options 32 bit ( x86) atau 64 bit ( x64).

4. conection utility tidak terpasang.

jika terdapat fasilitas bluetooth maka akan terjadi konflict. yaitu driver wifi sudah di pasang namun tetap tidak bisa. atau justru sebaliknya wifi sudah lancar namun bluetooth tidak mampu beroperasi. ini biasanya dialami pada laptop compaq, hp, dan toshiba. karena untuk memilih kedua ini harus menggunakan utility yang khusus dari laptonya.

lagi lagi harus mampir di support and download masing masing website resminya.maka dari itu tips yang baik adalah download semua utility tool yang tersedia dan juga drivernya mulai driver audio, vga, chipset, lan card, bluetooth, webcam, dll. jikalau memang saat pembelian tidak di kasih.

5. wifi card rusak

jika yang terjadi demikian maka cara 1 - 4 tidak akan berhasil. karena sumber devicenya memang sudah tidak bisa di gunakan lagi. langkah terakhir adalah memblei wifi baru. untuk ukuran besar harganya sekitar 50 k sedangkan untuk wifi kecil harganya 35 k. bekas. jika tidak mau repot bongkapasang beli usb wifi dengan harga 100 k. di tempat ane lain tempat lain pula harganya.

itulah  cara yang bisa di gunakan untuk mengatasi laptop yang wifinya tidak berfungsi semoga bisa menjawab pertanyaan teman teman yang selama ini sedang ada masalah pada perangkat penghubung hotspot.
sumber: http://bongkardong.blogspot.com/2013/03/cara-mengatasi-laptop-wifi-tidak.html

52 Responses to "cara mengatasi laptop wifi tidak terdeteksi di windows"

  1. Sip
    sangat bermanfaat
    nuwun gan

    BalasHapus
  2. gan...laptop saya habis kena malware dan rusak secara keseluruhan sampai2 bluetoothnya pun ikut rusak.wifinya aktif tapi kok di daerah hotspot ktika search wifi kok gak pernah ketemu ya padahal username dan passwordnya sudah betul????(saya pengguna windows vista)

    BalasHapus
  3. waktu itu ane pake wifi bisa gan, trus pas besoknya udh ga bisa ada lambang tanda seru di tempat sinyal yang ada di pojok kanan bawah

    BalasHapus
    Balasan
    1. cek dulu driver wifi, kalo ga ada masalah bisa juga wifi card kendo atau kurang terpasang dengan kuat pada mainboard

      Hapus
  4. makasih banyak infonya gan,ini baru jelas dan memuaskan........

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  6. Numpang nany yh, temen saya baru install windows 7 di notebookx.. Cm dy bilang kalau notebookx gk bisa internetan karna gak ad akses wifi. Mw di insatalkn hrus buka internet tp gk bisa, sdgkn mw instal lwt disk masalahx kn notebook gk ad DVD roomx jg.. Itu gmna yh solusix ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya jalan satu-satunya ya copy file di CD pindah ke flasdisk

      Hapus
  7. min mau nanya, wifi di rumah saya gak bisa kedeksi, tapi kalo di tempat lain wifi nya terdeteksi dan bisa konek, nah yang wifi dirumah saya itu, udah saya cek di komputer lain bisa terdeteksi sama konek atau enggak ternyata bisa kalo di komputer lain. itu gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kadang bisa disebabkan karena spesifikasi sofware wifinya, bisa karena seting pada Acces point atau rauter wifi yang belum tepat

      Hapus
  8. min kalo di windows xp,koneksi wifi yang jauh kena detect,kalo yang dekat tidak tedetect,trus bagaimana ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin seting Acces pointnya kurang tepat gan

      Hapus
  9. mas laptop aku compaq420 gabisa keluar suaranya. tapi kalau pake headset atau speaker usb bisa. terus wifi gabisa ke detect, bluetooth juga sama. gabisa ngedetect juga. kenapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. speaker bisa jadi rusak, coba instal ulang drifer wifi

      Hapus
  10. Laptop saya dulu bisa detect wifi, tapi sekarang kenapa ga bisa? Muncul Tulisan "network adapter 5 experiencing problem"

    BalasHapus
    Balasan
    1. find and fix terus di Control Panel\All Control Panel Items\Troubleshooting\Network and Internet

      Hapus
  11. gan kalau kondisinya No Connections Are Available
    mohon solusinya

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. Mas,punya saya Notebook Toshiba Windows 7 Home Premium. Pas saya connect kesinyal WiFi nya,tulisan nya "Windows was unable to connect to sgt_ulinatas". Itu cara ngatasinya gimana mas?

    BalasHapus
  14. "sgt_ulinatas' tu nama sinyal nya!

    BalasHapus
  15. gan klo saya sebelumnya bisa detect tp pas saya otak atik pengaturan ada pilihan suruh milih modem / (lupa) . nah yg mao saya tanyain agan tau ga tempat pengaturan nya itu soalnya saya lupa . jd ga bisa detect wifi laptop saya

    BalasHapus
  16. gan? di laptop saya gak tertera ethernet controller,gimana dong gan solusinya?

    BalasHapus
  17. WIFI nya rusak tdk bisa di hidupkan (bahkan di klik untuk kasih On wifinya)

    BalasHapus
  18. Terima kasih banyak infonya Gan..
    Blog anda sangat bermanfaat..
    salam kenal
    Assalamualaikum..

    BalasHapus
  19. min mohon pencerahannya.. gimana jika jaringan wifi bisa terbaca
    tp ada salah 1 wifi yg gk kebaca padahal posisi di area wifi tsb. uda coba ke area lain sampe pake smartphone sendiri semua kebaca.
    cuma wifi kantor yg gk kebaca. modem kantor uda di restart tp tetep gk mau juga dia.
    dimana letak permasalahannya.. mohon info di juniawan.hadi@yahoo.com

    BalasHapus
  20. mohon pencerahan!
    laptop saya tidak bisa detek wifi kantor kalau dirumah/tempat lain bisa, bagaimana mengatasinya?

    BalasHapus
  21. mohon informasinya...
    saya lapto acer v5-431 kalau saya wifinya udah sering di pake cuma pas hari saya main, pertamanya bisa,tetapi setelah 5 menit main tiba-tiba gak konek. pake wifi sekolah.

    apakah wifi nya dimatiin sama yang punya atau gimana mas ?

    saya drivernya Qualcomm Atheros AR5BWB222 Wireless Network Adapter

    BalasHapus
  22. wah berarti wifi di laptop saya rusak...

    ada solusi lain ga ya?

    BalasHapus
  23. berati rusak wifina dong

    BalasHapus
  24. Min saya kan abis instal windows 7 pas saya cek kok ikon wifi hilang, pas saya cek di driver kaya harus di instal ulang driver nya? Bagi link instal drivernya min?

    BalasHapus
  25. berapa kalo ganti wireless card gan ?
    posisi dimana dulu?

    BalasHapus
  26. Mas mau nanya laptop ane bisa wifian tapi harus deket wifinya itu juga sinyal 2 batang jarak 50cm dah hilang
    solusinya

    BalasHapus
  27. Gan gimana cara wigi bisa tersambung, aku pake notebook HP, dan udah aku coba ikut instruksi yang di atas, tapi ga ada, tombol wifi nya juga ga ada, aku coba cek di network adaptor jg g bisa. Intruksi2 lain jg aku ikuti kok ga bisa. Tolong di respon anitayuni2810@gmail.com pliisss

    BalasHapus
  28. terdeteksi tapi tidak bisa connect bagaimana min ?
    timah solder

    BalasHapus
  29. This is very nice one and gives indepth information. Thanks for this nice article.

    BalasHapus
  30. saya kemarin juga dapat masalah yang sama
    instal leptop acer aspire 4750 tidak connect wifi diinstal windows7
    ternyata solusinya malah cuma instal windows 10
    keteangan lengkapnya baca disini https://bit.ly/2HOAURG sudah saya jelaskan lengkap. semoga bermanfaat.

    BalasHapus