MENGATASI OVER HEAT PADA LAPTOP

Masalah pada laptop memang sangat bermacam macam dari mulai keyboard error, layar yang putih, sering mati mati sendiri juga ada yang panasnya luar biasa. suhu yang diatas normal di sebut dengan over heat atau overheating. pengertian dari overheat ialah suhu processor yang melebihi batas normal. antara satu laptop dengan lain laptop berbeda suhu normalnya. ada yang 68 derajat itu normal ada juga yang 78 masih dalam batas normal. namun ada juga dengan level seperti itu sudah di kategorikan sebagai panas berlebih atau super hot.




Yuk sobat kita cek biiasanya sih penyebab laptop over heat bermacam-macam diantaranya adalah

1.Banyak debu di ventilasi

Debu atau kotoran yang menyumbat pada aliran sirkulasi udara pada laptop memang harus di jaga. sebab suhu saat laptop atau netbook di nyalakan sangat panas. fungsi dari fan yang ada adalah untuk membuang atau mengambil udara panas di dalam laptop. laptop yang sudah berumur 3 - 4 tahun biasanya sudah banyak debu. debu yang semakin banyak dan menumpuk akan telihat seperti busa.

Solusi : bongkar pada bagian fan laptop kemudian angkat bersihkan dan pasang kembali. untuk desaign laptop yang mudah dalam pembersihan tanpa harus membongkar semua misal saja byon, toshiba, lenovo, dell dan beberapa brand lain.

2. Pasta processor kering

masih berhubungan dengan kipas tentu saja processor. tanpa adanya kpas komponene atau spare part laptop yang satu ini tidak bisa bertahan hitungan menit. oleh karena itu jika kipas sudah terpasang akan tetai masih panas kemungkinan kedua ialah karena pasta habis atau kering.

processor dengan pasta akan meningkatkan kestabilan suhu. perlu di catat bahwa pasta atau gel yang di gunakan antara pc atau komputer dengan laptop tidaklah sama. sebab untuk pc lebih cenderung encer tapi di laptop lebih mirip dengan perment karet. sebab lebih panas suhu proc laptop daripada cpu.

3.Fan lemah

Jika kedua diagnosa itu ternyata tak membuahkan hasil ada satu lagi kecurigaan yaitu pada fan atau kipas. ada apa dengan fan? bisa jadi sudah lemah dan harus ganti kasus ini juga dialami pada asus X101H atau yang di sebut asus meego. beberapa yang lain ialah advan dan samsung.

Kalau memang demikian perlu adanya dopping atau kipas tambahan. ada dua macam jenis fan external yaitu yang berada di bawah dan yang kedua ada persis bersebelahan dengan ventilasi udara. fungsi utama dari accesoris ini adalah membantu untuk mengeluarkan udara panas netbook.
Nah dengan ini pasti akan terbantu sekali tanpa harus ganti laptop kita tetap bisa bekerja menggunakan laptop tanpa harus takut laptop mati gara gara kepanasan. nah jika laptop mati total bisa baca cara mengatasi laptop mati total untuk menjadi referensi. terima kasih

1 Response to "MENGATASI OVER HEAT PADA LAPTOP"