KAPASITOR TANTALUM

KAPASITOR TANTALUM

Kapasitor tantalum mirip dengan kapasitor elektrolit, tetapi mampu menawarkan tingkat kapasitansi yang sangat tinggi  untuk setiap volume tertentu. Mereka banyak digunakan dalam peralatan elektronik yang membutuhkan kapasitor ukuran kecil dengan tingkat kapasitansi tinggi.






Jenis kapasitor tantalum
Walaupun kapasitor tantalum banyak digunakan, banyak yang tidak tahu bahwa ada tiga jenis kapasitor tantalum yang tersedia:

Kapasitor  tantalum elektrolitik foil :  
kapasitor tantalum foil sudah ada sejak tahun 1950an. Ini dikembangkan untuk memberikan bentuk kapasitor elektrolitik yang lebih dapat diandalkan  tanpa batasan umur simpan. Mereka dikembangkan sebagai hasil dari ketersediaan foil tantalum kemurnian tinggi. Kemurnian bahan yang digunakan sangat berperan dalam menentukan kebocoran arus dari jenis kapasitor tantalum. kapasitor tantalum ini memiliki kepadatan kapasitansi lebih tinggi daripada kapasitor aluminium elektrolitik. Biasanya mereka dapat bekerja pada suhu sampai sekitar 120C, oleh karena itu mereka sering digunakan dalam peralatan yang digunakan dalam kondisi ekstrim.

Kapasitor tantalum dengan anoda berpori dan cairan elektrolit: 
Bentuk kapasitor tantalum ini juga dikenal sebagai tantalum kapasitor basah  dan itu adalah bentuk pertama yang diperkenalkan. Berbagai elektrolit dapat digunakan dalam tantalum kapasitor. Mereka yang diproduksi menggunakan asam sulfat sebagai elektrolit memiliki karakteristik listrik yang baik dan tegangan kerja maksimum sekitar 70 volt. Ini kapasitor tantalum basah sangat jauh lebih mahal daripada tantalum yang lebih baru, oleh sebab itu mereka tidak banyak digunakan.

Tantalum kapasitor dengan anoda berpori dan elektrolit padat:
Kapasitor tantalum ini  disebut juga sebagai tantalum padat, dan ini adalah jenis yang paling banyak digunakan. Jutaan dari mereka digunakan setiap harinya, dan mereka dapat ditemukan di banyak peralatan elektronik. Kapasitor ini dikembangkan dengan semikonduktor solid menggantikan cairan elektrolit. Kapasitor ini mempunyai  karakteristik frekuensi lebih unggul daripada kapasitor elektrolit. Mereka juga lebih kecil daripada aluminium elektrolitik. Namun mereka tidak mampu menangani  lonjakan arus atau tegangan tingkat tinggi. Mereka juga bisa rusak seketika jika polaritas terbalik, biasanya langsung meledak.

Bentuk yang paling umum dari kapasitor tantalum yang digunakan saat ini adalah kapasitor tantalum padat. Mereka menawarkan paket ukuran cukup kecil dan dikemas dalam epoxy untuk mencegah kerusakan. Pengkodean kapasitor biasanya ditulis langsung pada badan kapasitor.



Kapasitor tantalum SMD 
Kapasitor tantalum SMD telah banyak digunakan untuk memberikan tingkat kapasitansi yang lebih tinggi daripada menggunakan kapasitor keramik.  Teknologi  yang digunakan dalam kapasitor tantalum SMD didasarkan pada teknologi kapasitor tantalum padat.Sudah cukup lama kapasitor tantalum digunakan dalam aplikasi SMD karena kapasitor elektrolit  tidak tahan terhadap panas dari proses penyolderan. Namun sekarang teknologi kapasitor elektrolit telah dikembangkan agar lebih tahan terhadap proses solder, kapasitor ini sekarang juga banyak digunakan. Meskipun demikian, kapasitor tantalum dapat bekerja di banyak sirkuit, dan mereka masih digunakan dalam jumlah besar.



Ada beberapa paket sebutan berbeda yang digunakan kapasitor tantalum SMD. Ini sesuai dengan spesifikasi EIA.


SEBUTAN PAKET
KODE EIA
A
3216-18
B
3528-21
C
6032-28
D
7343-31
E
7260-38
R
2012-12
S
3216-12
T
3528-12
U
6032-15
V
7343-20
X
7343-43


Keuntungan dan kerugian kapasitor tantalum
kapasitor tantalum menawarkan banyak keuntungan. Penggunaannya telah meningkat jauh selama bertahun-tahun, dan sekarang mereka banyak digunakan dalam segala bentuk peralatan elektronik.
Secara ringkas keuntungan dari kapasitor tantalum adalah:

Efisiensi:
Kapasitor Tantalum menawarkan tingkat efisiensi yang sangat tinggi daripada jenis lain. Secara khusus mereka lebih baik daripada saingan utamanya yaitu kapasitor elektrolit.

Frekuensi respon yang baik:
Respon frekuensi kapasitor tantalum  lebih unggul daripada kapasitor elektrolit. jadi mereka lebih cocok untuk digunakan di sejumlah aplikasi di mana kapasitor elektrolit tidak bisa digunakan.

Bekerja pada rentang suhu yang lebar: 
kapasitor Tantalum mampu bekerja pada rentang temperatur yang sangat luas. Biasanya digunakan pada rentang suhu -55C sampai +125 C.

Lebih handal:
kapasitor Tantalum lebih dapat diandalkan daripada bentuk kapasitor lain. Penggunaannya lebih tahan lama daripada kapasitor elektrolit.



Kapasitor tantalum juga memiliki sejumlah kerugian yang perlu dipertimbangkan, berikut beberapa kerugiannya :

Nilai ripple arusnya rendah:
Hal ini tidak mengherankan mengingat ukuran mereka memang kecil, jadi kapasitor tantalum tidak memiliki nilai ripple tinggi.

Tidak ada toleransi kesalahan tegangan:
Kapasitor ini tidak tahan terhadap tegangan berlebih atau terbalik polaritasnya. Lonjakan tegangan dapat menghancurkannya. bahkan bisa meledak jika kelebihan tegangan atau terbalik pemasangannya.

Harga lebih mahal:
kapasitor jenis ini lebih mahal dapada kapasitor yang lain, ini perlu diperhatikan dan dipertimbangkan.

sumber: http://qelectrostudio.blogspot.com/2013/04/kapasitor-tantalum.html

1 Response to "KAPASITOR TANTALUM "