cara mengatasi keyboard laptop bunyi pada saat di nyalakan

    Ok sobat jumpa lagi dengan kang eko di sini ya, kang eko akan berbagi pengalaman tentang servis laptop. gejala kerusakanya untuk kalio ini adalah terletak pada keyboard yang rusak. untuk lebih jelasnyayuk kita langsung ke TKP terlebih dahulu ya,...oh ya jangan lupa apabila tutorial ini bermanfaat silahkan klik iklan yang paling atas sebelah kanan tulisan satria komputer satu kali aja yach,biar blog ini terus jalan dan untuk kebaikan bersama....yuk inilah kisahnya...hk..hk..kaya di sinetron aja.

   Keluhan yang kerap di derita oleh pengguna laptop adalah laptop bunyi beep terus menerus saat  menyalakan laptop. atau bunyi tidak berhenti ketika booting. efek yang didaapt dari itu adalah proses dari booting semakin lama dan lambat. bagi sebagian user tentu saja ini sangat mengganggu. karena harus cepat dalam mengerjakan tugas dan beban kerjanya.

Masalah belum kelar sampai disana. ketika membuka ms word ada beberapa tombol yang tidak keluar saat dipencet. atau ada juga saar klik tombol star malah kursor loncat loncat dari atas kebawah dengan cepat secara otomatis.dan itu sangat mengesalkan.

Jika sekarang anda mengalami hal yang sama saya harap tidak ada emosi di kepala anda dan melakukan tindakan anarkis. membanting laptop atau memukul keyboardnya. karena sesungguhnya ini hanya permasalahan pada keybaord. ada tombol yang tertekan secara terus menerus sehingga tombol lain jadi mati jalur dan tidak keluar saat di tekan.

Ada bebrapa cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki kerusakan macam ini. pertama dengan cara tradisional dan yang kedua dengan cara modern. cara pertama dilakukan dengan kekerasan atau dengan extreme.sedangkan cara kedua lebih halus dan tertuju pada software. tentu anda penasaran dengan kedua cara itu bukan?

1. Cara memperbaiki dengan cara kekerasan

Heit jangan salah sangka dong, kekerasan di sini bukan berarti keyboard di banting-banting,,, nanti hancur deh, kekerasan di sini ada langkah-langkahnya yaitu:
langkah pertama adalah membuka atau melepas keyboard dari netbook atau laptop anda. jika sudah lepas juga konektor dari mobo laptop. langkah ini berhasil maka siapkan tangan anda. tepuk tepukkan keyboard pada telapak tangan andasebanyak kurang lebih 30 x dengan daya tepukan sedang. jangan terlalu keras dalam menepukkan ke tangan karena dapat mengakibatkan keruskan yang lebih fatal pada keyboard.

jika sudah coba pasang lagi keyboard yang tadi sudah di service secara manual. test satu persatu tombol yang ada. dari tombol biasa sampai tombol numerik dan tombol fungsi FN. jangan lupa untuk mencoba tombol shift dengan tombol lain. biasanya ada dua key shift di kiri dan kanan. coba yang kanan dulu kemudian yang kiri. jika keduanya berhasil maka di pastikan keyboard sudah dalam keadaan normal.

2. Dengan software

ini terbilang cara yang lebih lembut dan tidak menguras tenaga. kenapa? karena dengan bantuan dari utility software maka kita dapat menentukan tombol mana yang bermasalah. biasanya di tandai dengan arsiran warna merah. sedangkan untuk kondisi baik indikator pada software berwarna hijau.
Nama softwarenya adalah pass mark keyboard test. software ini bisa digunakan untuk mengetest berbagai macam type dan merk keyboard. seperti keyboard laptop ASUS, Axioo, BenQ, Byon, Toshiba, a note, SMK relion, Acer, HP, Compaq. karena yang terpenting dari software ini adalah mengececk kondisi keyboard. walaupun layout dari keyboard berbeda beda tapi ketika tombol itu di press ( di tekan ) akan muncul disana.

Seandainya sudah kedetek pada sofware dan benar bahwa tombol spaci error dan menekan terus. jika sudah jelas indikasi seperti diatas tinggal buka dan lepas tuts spaci dan bersihkan karet yang ada didalamnya. atau jika perlu lepas dengan hati hati karet tersebut dan bersihkan dengan cotton bath. pasang kembali karet tersebut dan pasang seperti semula tuts yang tadi di lepas.

Sekarang test tombol keyboarnya apakah semua sudah lancar atau maish ada yang tertekan. jika semua sudah bisa untuk mengetik dan tidak ada tombol yang menekan sendiri berarti anda berhasil membetulkan keyboard yang rusak. dan tentu saja ini lebih berhemat daripada membeli spare part yang baru. uang bisa di tabung untuk kebutuhan lain.

Ingat bahwa cara yang direkomendasikan adalah cara yang nomor dua. dan maaf jika tidak memberi link untuk download software tersebut karena doi google sudah menjamur link download yang masih hidup untuk software tersebut.

7 Responses to "cara mengatasi keyboard laptop bunyi pada saat di nyalakan"

  1. terimakasih banyak atas informasinya,,,,tpi softwarenya yang mana yah???,,,

    BalasHapus
  2. makasi tutorialnya mas. ijin share ya. mari saling berkunjung. salam by lasri

    BalasHapus
  3. sangat membatu banet mas tutorialnya, langsung saya praktekan.

    BalasHapus
  4. Berhasil dengan cara kekerasan ditepuk keyboardnya bolak balik,. Trims advice nya Gan

    BalasHapus