Pengertian Keyboard Komputer

Pengertian Keyboard Komputer
Keyboard adalah perangkat yang berisikan tombol tombol mesin ketik, keyboard digunakan untuk memasukkan karakter pada program komputer. tombol karakter yang tersedia di keyboard diatnaranya adalah huruf a-z dan angka 0-9, di keyboard juga disediakan tombol yang mempunyai fungsi khusus diataranya F1 -F12, shift, enter, ctrl. masing-masing tombol tersebut mempunyai fungsi yang berbeda tergantung aplikasi apa yang aktif di gunakan.
Cara Kerja Keyboard Komputer
Cara kerja keyboard, ketika tombol/tuts keyboard kita tekan maka akan menyentuh sirkuit di bawahnya dan mengirimkan sinyal tertentu melalui kabel keyboard chip di komputer. selanjutnya sinyal tersebut akan diterjemahkan menjadi kode tertentu sesuai dengan tombol yang kita tekan. misalnya kita menekan tombol A maka chip akan merima sinyal untuk menampilkan huruf atau karakter “A” pada layar.
Macam Jenis-Jenis Keyboard
Berdasarkan port tancapan/colokan keyboard dibagi menjadi beberapa jenis diataranya:
  • Keyboard Serial adalah keyboard yang terhubung ke komputer menggunakan port Serial

  • Keyboard  PS/2 adalah keyboard yang terhubung ke komputer menggunakan port PS/2

  • Keyboard Wireless adalah keyboard yang menggunakan sinyal wireless untuk dapat terkoneksi ke komputer, pada keyboard jenis ini satu perangkat berbentuk USB terhubung ke komputer agar memancarkan sinyal dan ditangkap oleh keyboard.

  • Keyboard USB adalah jenis keyboard yang menggunakan kabel USB agar terhubung ke komputer.

 Sumber:http://lintoherlambang.com/mkeyboard-komputer.html

7 Responses to "Pengertian Keyboard Komputer"