Service / perbaikan LCD monitor DELL

  1. Tidak tampil gambar, lampu power kedap-kedip
  2. Hidup / menyala sebentar,  lalu mati / tidak tampil / gelap
  3. Mati total
Kerusakan di atas biasanya sering terjadi pada LCD monitor DELL. Untuk lebih detail mari kita bongkar bersama LCD monitor DELL berbagai type / model :

Service LCD monitor DeLL
LCD Monitor DeLL

LCD monitor DELL type FP 153 FPb

  • Kerusakan : LCD monitor menyala sebentar saja, kurang lebih hanya satu detik lalu mati / tidak tampil gambar, lalu menyala dan mati lagi, begitu seterusnya berulang-ulang.
  • Perbaikan : Pengecekan dengan multitester menunjukkan bahwa tegangan arus listrik pada rangkaian inverter tidak stabil karena ada korslet komponennya. Arus listrik menjadi naik turun tidak beraturan, sehingga gagal menghasilkan tegangan tinggi untuk lampu backlight / backlamp. Cek komponen / spare part pada rangkaian inverter  dengan cermat !

LCD monitor DELL type FP 153 FPb

  • Kerusakan : LCD monitor bisa menyala lama, tapi kadang-kadang mati sendiri / tidak tampil gambar, tapi indikator lampu power tetap menyala. LCD bisa menyala lagi setelah dimatikan tombol powernya. dulu.  Begitu seterusnya berulang-ulang.
  • Perbaikan : Dari gejala kerusakan di atas ada dua kemungkinan kerusakan yaitu pada rangkaian inverter atau lampu background / backlight CCFL. Cara cepat adalah menggunakan lampu CCFL dari LCD monitor lain yang sama ukurannya, yaitu 15 inch. Bagaimana hasilnya? Benar saja, kali ini pakai Lampu CCFL dari LCD lain hasilnya LCD monitor tetap menyala walaupun sudah dinyalakan berjam-jam ! Kesimpulan : CCFL rusak.

LCD monitor DELL type FP 172 FPb & FP 173 FPb

  • Kerusakan : Lampu indikator power hidup, tetapi tidak tampil gambar.
  • Perbaikan : Sering terjadi kerusakan pada rangkaian inverternya. Rangkaian inverter  dibangun  oleh komponen IC, Transistor, Trafo, FET dan capasitor. Cek komponen dengan teliti !

LCD monitor DELL type E178WFPc

  • Kerusakan : Mati total
  • Perbaikan : Pertama kali yang diperiksa adalah fuse / sekering pada rangkaian power regulator . Dan ditemukan sekering putus. Tapi jangan terburu-buru ganti sekering saja lalu dicolok listrik, karena pasti akan putus lagi, listrik PLN akan turun / anjlok.  Karena sebenarnya kalau sekering putus ada sebab utamanya. Silakan dicek dengan teliti dan ganti komponen utama yang mengalami kerusakan.

3 Responses to "Service / perbaikan LCD monitor DELL"

  1. manteb min, cocok ini yang mau buka servis atau yang mau belajar servis..
    tempat thinner

    BalasHapus
  2. Monitor dell e177fpc
    Gejala..pawer di chek ok ..lampu indikator tidak menyala..layar gelap
    Note..
    Monitor..
    Lama di simpan.
    Kemudian waktu di pakai
    Lampu indikator hidup kemudian mati
    Mhn pencerahan ya gan

    BalasHapus