SERVIS LAPTOP DAN KOMPUTER

SERVIS LAPTOP DAN KOMPUTER
Diberdayakan oleh Blogger.

JUAL SPERTPART KOMPUTER DAN ELEKTRONIKA ONLINE

JUAL SPERTPART KOMPUTER DAN ELEKTRONIKA ONLINE
untuk konfirmasi dan pemesanan silahkan hubungi hp:085227776602

Translate blog language

Popular Posts

Blog Archive

Arsip Blog

Blogger news

Kami sarankan untuk memperlancar belajar menjadi teknisi elektronika, komputer dan laptop silahkan anda beli buku panduan dari Qbonk, untuk melihat isi dan harganya silahkan klik iklan baner di atas tulisan berjalan ini

Mengenal Chipset dan Lokasi Download Driver-nya



Chipset
Chipset merupakan Chip (kumpulan IC) yang biasanya ada di Motherboard. Chipset ini mengkoordinasikan hubungan atau kerja antar berbagai komponen di motherboard. Biasanya terdapat 2 chipset di Motherboard, yaitu notrhbridge dan southbridge.
Chipset Northbridge menghubungkan komponen seperti CPU/Processor, RAM (Memori) dan VGA (Kartu grafik), sedangkan southbridge menghubungkan beberapa komponen seperti PCI, Ethernet, USB, Audio dan lainnya yang biasanya lebih lambat.
Chipset-northbridge-southbr
Meskipun menjadi satu dengan motherboard, perusahaan pembuat chipset biasanya tidak sama dengan mothrboard. Sehingga kita bisa download chipset langsung dari perusahaan pembuat Chipset tanpa mengenal merk/tipe MOtherboard. Beberapa merk Chipset yang populer adalah NVIDIA, AMD (ATI), VIA, SiS dan Intel.
Melihat fungsinya, jika driver Chipset ini tidak di install, biasanya kinerja komputer menjadi tidak maksimal, misalnya lambat, USB yang seharusnya mendukung kecepatan lebih tinggi (USB 2.0) tetapi hanya mendukung USB 1.0, audio bermasalah dan lainnya. Jika menggunakan Kartu grafik OnBoard, maka tanpa driver chipset, kerja grafis akan menjadi sangat lambat.
Schema_chipset
Oleh karena itu, setelah menginstall Sistem operasi, maka sebaiknya yang di install pertama kali adalah Driver Chipset ini. Dan biasanya bisa kita temukan pada CD Driver yang disertakan ketika membeli Motherboard/komputer.
Cara Mendeteksi Tipe Chipset
Jika kita belum tahu apa driver komputer/laptop yang digunakan, ada beberapa cara untuk mengetahuinya :
  1. Melalui buku manual yang disertakan ketika membeli komputer
  2. Melihat langsung tulisan/tipe di motherboard/hardware, kemudian mencari informasi di Internet.
  3. Menggunakan software dan salah satu yang terbaik adalah Everest.
Download Link Berbagai Chipset Komputer
Selain bisa didapatkan dari lokasi download pembuat motherboard, driver Chipset juga bisa didapatkan/download dari pembuat chipset itu sendiri. Berikut selengkapnya



NorthBridge

Northbridge adalah chipset Intel yang terhubung langsung dengan prosesor komputer dan memory controller yang memberikan akses cepat dari CPU ke memori,Peripheral Component Interconnect (PCI) bus, Level 2 cache, dan semua kegiatan Accelerated Graphics Port (AGP). Northbridge berkomunikasi dengan prosesor menggunakan bus Tampak Depan (FSB). Hal ini juga menghubungkan periferal melalui saluran berkecepatan tinggi seperti AGP dan PCI Express. Northbridge juga termasuk pengontrol layar, obviating kebutuhan adapter layar terpisah.
Northbridge biasanya menangani komunikasi antara CPU, RAM, ROM BIOS, dan PCI Express (atau AGP) video card, dan Southbridge .Beberapa northbridges juga berisi video controller terintegrasi, juga dikenal sebagai Memori Grafis dan Controller. Hub (GMCH) dalam sistem Intel. Karena prosesor yang berbeda dan RAM yang berbeda memerlukan sinyal, Northbridge yang biasanya akan bekerja dengan hanya satu atau dua kelas CPU dan umumnya hanya satu jenis RAM.
Northbridge juga memiliki komponen nForce dan nForce2, yaitu unit grafis di Northbridge.Chip ini jelas dalam ukuran lebih besar dibandingkan dengan Southbridge, karena ratusan jalur data yang dibutuhkan untuk prosesor dan RAM. Karena itu, semua chip kompleks dikemas dalam BGA (Ball Grid Array) casing, di mana semua sambungan solder yang terletak di bawah chip. Kecepatan chipset southbridge lebih lamban daripada northbridge. Semua informasi dari CPU harus melewati northbridge sebelum masuk southbridge.
Intel Hub Architecture (Iha) telah menggantikan Northbridge / Southbridge chipset. Iha chipset juga memiliki dua bagian: Grafis dan AGP Memory Controller Hub (GMCH) dan I / O Controller Hub (ICH). Arsitektur Iha digunakan di chipset Intel seri 800, yang merupakan arsitektur chipset pertama pindah dari Northbridge / Southbridge desain
Selama bertahun-tahun, bus PCI digunakan sebagai sambungan ke Southbridge. Namun, bandwidth yang tidak lagi memadai untuk kebutuhan hari ini, sehingga pembuat chip semua menawarkan solusi mereka sendiri (misalnya, VIA’s V-Link, SiS’s MuLTIOL, i-Link Intel dan AMD / NVIDIA ‘s HyperTransport).
Saat ini, Southbridge mengandung setidaknya controller PCI, floppy / IDE / pengendali hard disk, port serial dan paralel, dukungan USB dan fungsi manajemen daya. Selama bertahun-tahun, chipset telah mendapatkan fungsi diperpanjang melalui Southbridge, yang merupakan alasan bahwa saat ini unit ini sering juga termasuk interface dan codec untuk suara atau pengendali jaringan. Ini berarti bahwa motherboard hanya perlu menyediakan pengendali sederhana, yang lebih murah untuk menghasilkan dari jaringan kartu lengkap kartu PCI atau suara

1.Northbridge
2.Southbridge
Northbridge Connects CPU to:                                      
      RAM
      AGP bus
      PCI Express bus
      Built-in display Adapter
       Southbridge Connects CPU to:
       ATA (IDE) Drives
      USB bus
      FireWire bus
      Serial port
      Parallel port
      Built-in audio
      ISA bus (earlier PCs)
 Perkembangan Terbaru
Controller memori, yang menangani komunikasi antara CPU dan RAM, telah dipindahkan ke prosesor mati oleh AMD dalam prosesor AMD64 dan Intel dengan prosesor Nehalem mereka. Keuntungan memiliki kontroler memori yang terintegrasi pada CPU mati berkurang latency dari memori-CPU untuk-sehingga dapat mengontrol memori CPU secara langsung.
Contoh lain dari jenis perubahan ini adalah chipset nForce3 Nvidia untuk sistem AMD64 yang merupakan chip tunggal. Ini menggabungkan semua fitur southbridge normal dengan port AGP dan terhubung langsung ke CPU. Pada nForce4 papan mereka menganggap hal ini menjadi MCP (Media Komunikasi Processor)
NorthBridge dan Overclocking
Northbridge memainkan peranan penting dalam seberapa jauh komputer dapat overclock, karena keseringan digunakan sebagai dasar untuk CPU untuk menetapkan frekuensi operasi sendiri. suhu chip ini biasanya meningkatkan kecepatan prosesor menjadi lebih cepat, memerlukan langkah-langkah peningkatan pendinginan. Ada batas untuk overclocking CPU, seperti sirkuit digital dibatasi oleh faktor-faktor fisik seperti delay propagasi yang meningkat dengan (antara faktor-faktor lainnya) operasi temperatur, sehingga sebagian besar aplikasi overclocking yang memiliki keterbatasan perangkat lunak yang membatasi pengaturan jam multiplier dan eksternal.


Southbridge
Southbridge adalah sebuah chip yang mengatur fungsi kerja peripheral-peripheral semacam IDE Controller, PCI Bus, ROM Bios, Keyboard & Mouse, USB, Eth. LAN, Modem dan fungsi I/O lainnya.
Southbridge biasanya dapat dibedakan dari Northbridge dengan tidak secara langsung terhubung ke CPU . Sebaliknya, dasi Northbridge yang di southbridge ke CPU. Melalui penggunaan saluran pengendali sirkuit terpadu, Northbridge langsung dapat menghubungkan sinyal dari I / O untuk unit CPU untuk mengontrol data dan akses.
Fungsi yang terdapat dalam Southbridge mencakup :
  • PCI bus. dukungan bus PCI mencakup spesifikasi Traditional PCI , tetapi juga memberi dukungan untuk PCI-X dan PCI Express.
  • ISA bus atau LPC Bridge. Walaupun support ISA jarang digunakan, ia tetap berhasil  menjadi bagian menarik dari Southbridge modern sedangkan LPC bridge  menyediakan jalur data dan kontrol untuk super I / O (pengaturan normal untuk keyboard, mouse, port paralel, port serial, port inframerah dan floppy disk controller) dan FWH (hub firmware yang menyediakan akses ke penyimpanan flash BIOS)
  • SPI bus. SPI bus serial digunakan untuk akses sederhana untuk penyimpanan flash firmware (misalnya, BIOS).
  • SMBus. The SMBus digunakan untuk berkomunikasi dengan perangkat lain di motherboard (misalnya, sistem sensor pengatur suhu, fan control)
  • DMA controller. DMA controller menyediakan akses langsung ke ISA memori utama atau perangkat LPC tanpa perlu bantuan dari CPU.
  • Mass storage controllers seperti PATA dan SATA umumnya memberikan lampiran langsung dari sistem hard disk.
  • Real time clock. Jam real time yang menyediakan akun waktu persisten.
  • Power manajemen (APM dan ACPI). Fungsi APM atau ACPI memberikan metode dan sinyal untuk memungkinkan komputer untuk tidur atau dimatikan untuk menghemat daya.Nonvolatile BIOS memori. sistem CMOS, dibantu oleh tenaga baterai tambahan, telah menciptakan sebuah penyimpanan non-volatile terbatas untuk data konfigurasi sistem.
  • AC’97 atau Intel High Definition Audio sound interface.
  • out of band management controller seperti bmc atau heci
Opsional, Southbridge juga mencakup dukungan untuk Ethernet, RAID, USB, FireWire dan codec audio.Southbridge juga mendukung untuk keyboard, mouse dan port serial, tapi biasanya perangkat ini terhubung melalui perangkat lain, yang dikenal sebagai Super I / O.
gambar north/southbridge layout
Diagram modern motherboard yang mensupports banyak funsi terpadu serta bebrapa slot ekspansi

sumber:http://ilmutkj12.blogspot.com/2012/07/mengenal-chipset-dan-lokasi-download.html
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori CPU / MAINBOARD dengan judul Mengenal Chipset dan Lokasi Download Driver-nya. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://ilmuserviskomputer.blogspot.com/2013/06/mengenal-chipset-dan-lokasi-download.html. Terima kasih!

Belum ada komentar untuk "Mengenal Chipset dan Lokasi Download Driver-nya"

Poskan Komentar