SERVIS LAPTOP DAN KOMPUTER

SERVIS LAPTOP DAN KOMPUTER
Diberdayakan oleh Blogger.

JUAL SPERTPART KOMPUTER DAN ELEKTRONIKA ONLINE

JUAL SPERTPART KOMPUTER DAN ELEKTRONIKA ONLINE
untuk konfirmasi dan pemesanan silahkan hubungi hp:085227776602

Translate blog language

Popular Posts

Blog Archive

Arsip Blog

Blogger news

Kami sarankan untuk memperlancar belajar menjadi teknisi elektronika, komputer dan laptop silahkan anda beli buku panduan dari Qbonk, untuk melihat isi dan harganya silahkan klik iklan baner di atas tulisan berjalan ini

macam-macam kerusakan pada VGA card


Sebuah Graphic procesor unit atau yang lebih dikenal dengan vga card,sering kita gunakan untuk kebutuhan sebagai tambahan grafik pada komputer kita agar gambar yang dihasilkan lebih bagus.

Nah tentunya setiap perangkat elektronik,pasti memiliki eroor ,bisa dikarenakan human erorr atau erorr langsung dari pabrikanya.
Disini yang dimaksud human erorr adalah ..,kerusakan komponen yang disebabkan oleh pemakainya,bisa karena terjatuh ,kena air dan lain-lainya..,.,.dan biasanya apabila ada cacat fisik di komponen hardware tersebut maka claim garansi tidak berlaku.,karena kesalahan murni dari pemakainya.

Dan sekarang yang dimaksud erorr langsung dari pabrikanya.,yaitu komponen tsb rusak memang berasal dari hardware itu sendiri,dalam artian,.,rusak pada memang sudah pada saatnya rusak ,karena pemakaian yang cukup lama.,atau baru beli trus rusak.,kalo ini masih ada garansi dan klaim masih berlaku.,

Sekarang disini saya ingin memberikan sedikit informasi yang sekiranya dapat dibuat untuk pembelajaran dan pengalaman bagi anda sekalian pengguna pc.,agar lebih mengerti lagi tentang segala sesuatu yg terjadi.

Kerusakan pada VGA card anda bermacam - macam tipenya ,ini saya berkata dalam artian VGA anda sudah anda pakai ya.,entah itu 2 bulan ,3 bulan dan seterusnya.,bukan baru beli rakitan trus pas "akan" dipakai rusak.,Karena itu menjadi tanggungan saya sebagai penjual rakitan tersebut..,tapi allhamdulillah semuanya lancar.,karena sudah dites terlebih dahulu.

Berikut macam - macam kerusakan pada KARTU grafis atau vga card anda:


A. Video RAM artifacts

Artifact Memory Video bisa terjadi karena memory gagal mentransfer data yang didapat, hal ini menyebabkan terjadi beberapa kegagalan dalam menampilkan gambar/display. namun memory video yang lainnya masih bisa menampilkan hasil olahnnya dengan baik.



Video memory memegang peranan dalam menampilkan display, yang disebut Frame Buffer. yaitu berfungsi menyimpan salinan gambar yang telah terproses, jika Frame Buffer tersimpan didalam memory yang jelek/rusak, maka akan terjadi artifact. Gambar diatas menunjukan artifact Video memory, dimana layar masih bisa terlihat, namun adanya pergeseran warna substansi, ini adalah gejala umum dari Video memory yang jelek/rusak.



Gambar diatas menunjukan artifact, kita bisa melihat pada gamabar daerah langit, adanya warna kuning. Hal ini terjadi karena jelekna video memory. artifact jenis ini bisa terjadi dalam apliaksi 2D atau 3D.
Artifact lain yang mungkin terjadi adalah " unexpected spike" yaitu Video memory masih bisa menahan/bekerja dalam modus 3D, namun terjadinya delay, yang menyebabkan adanya semacam goresan panjang, misalnya dalam suatu game, salah satu objek telah bergerak maju, namun ada objek lain yang masih tidak bergerak, sehingga tampilan menjadi kacau/artifact.



Array dari titik-titik atau garis horisontal dan vertikal yang terjadi seperti gambar diatas, hal umum yang terjadi pada artifact Video memory. Hal seperti ini bisa terjadi dalam 2D atau 3D.
Jadi apa yang harus kita lakukan ketia Video Memory rusak? sayangnya belum ada program yang secara langsung dapat menguji kerusakan video memory.. namun ada satu hal yang bisa kita lakukan, yaitu menguji Memory utama PC ( bukan memory VGA ), kenapa? karena terkadang Video memory juga menyimpan data di Memory utama PC, jadi sebelum memastikan video memory yang rusak, alangkah baiknya menguji/test memory utama PC.
Jika anda melakukan OC Video Memory dan terjadi artifact, maka segera ubah kesetingan defaultnya. hal ini untuk mengurangi kerusakan kumulatif.
dikarenakan Video memory langsung terintegrasi dengan board VGA dan jarang bisa di rubah jika sudah rusak, hanya satu cara yaitu ganti VGA.


2.GPU artifacts




GPU adalah graphics processing unit, ini adalah chip utama dalam sebuah VGA. Bentuk umum dari artifact GPU adalah kotak - kotak pada seluruh layar,terjadi akibat panas yang berlebihan, sehingga kita harus memeriksa apakah fan/kipas pendingin GPU bekerja secara normal? atau dengan membuka kesing komputer dan menurunkan clock GPU, jika hal ini belum menyelesaikan masalah, bisa mencobanya dengan membelik pendingin GPU aftermarket, yang biasanya memberikan qualitas pendinginan yang lebih bagus.


3.Bus artifacts



Terkadang video memory menyimpan datanya di memory utama Pc, dan meloading nya kembali jika diperlukan, pada jenis motherboard dengan slot AGP kadang terjadi data corupt saat terjadinya pemindahan data dari memory utama kedalam video memory. Dalam kasus ini bisa dicoba dengan menurunkan muliplier AGP dari 8x ke 4x, namun pada jenis PCI dan PCI-E hal ini jarang terjadi.


4.Tinted screen

Dalam ulasan ini tidak ada screenshoot nya, namun yang dimaksud Tinted screen adalah ketika keadaan monitor menjadi kurang cerah,terlalu merah, terlalu kuning,atau terjadinya perubahan warna yang tidak sesuai. Dan penyebab umumnya adalah monitor misadjusted atau rusak, namun kabel monitor dan konektor monitor juga bisa menyebabkan hal ini.
Jika memiliki monitor lain, bisa mencobanya, jika masalah tetap sama berarti kabel dan monitor tidak bermasalah. kemungkinan masalah di outpun video atau masalah mekanis conector video card.


5.DVI corruption



Jika Anda menggunakan koneksi DVI digital antara kartu video dan monitor maka anda bisa mendapatkan masalah korupsi DVI yang biasanya muncul sebagai garis vertikal . Bagian kiri gambar di atas ditampilkan dengan benar. Bagian kanan menunjukkan korupsi DVI. Tingkat keparahan korupsi bervariasi.
http://dekhamp.blogspot.com/2013/02/macam-macam-kerusakan-pada-vga-card.html
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori CPU / VGA dengan judul macam-macam kerusakan pada VGA card . Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://ilmuserviskomputer.blogspot.com/2013/06/macam-macam-kerusakan-pada-vga-card.html. Terima kasih!

1 Komentar untuk "macam-macam kerusakan pada VGA card "

  1. info ya sangat menarik dan bermanfaat sekali,,,
    kebanyakan terjadi kerusakan karena pada pemakai ya sendiri alias human error, kalau pemakai ya rajin maintenance, dijamin meminimalisir kerusakan

    sukses selalu... >> jasa service dan rental laptop

    BalasHapus