Lan Card

Land Card
a)  Pengertian Lan card
1
(Gambar Lan Card)    
LAN adalah sebuah jaringan komputer yang hanyamencakup wilayah kecil. Jaringan LAN biasanya hanya mencakup satu gedung ataurumah, misalnya jaringan LAN di kantor, hotel, bandara, warnet, atau di dalam rumah.Pada sebuah jaringan LAN, kecepatan transfer datanya dalam kisaran 10, 100, atau 1000Mbit/second. Teknologi yang paling banyak di gunakan dalam jaringan LAN adalahteknologi IEEE 802.3 Ethernet di mana hardware yang di gunakan biasa di sebut LANcard
Pada sebuah jaringan LAN, kecepatan transfer datanya dalam kisaran 10, 100, atau 1000 Mbit/second. Teknologi yang paling banyak di gunakan dalam jaringan LAN adalah teknologi IEEE 802.3 Ethernet di mana hardware yang di gunakan biasa di sebut LAN card.

Fungsi LAN card
Fungsi LAN card atau fungsi ethernet card adalah untuk menghubungkan antara komputer satu dengan yang lainnya dalam sebuah jaringan LAN, melalui LAN ini setiap komputer dapat saling bertukar data maupun mengakses perangkat keras seperti printer, tentu saja untuk dapat saling bertukar informasi antar komputer di perlukan setting-tertentu.Saat ini banyak jenis dan merek dari LAN card yang tersedia di pasaran, untuk menggunakannya tentu saja harus kompatible dengan motherboard dan menginstal software drivernya.

jenis lan card Dan pengertianya
Mengenal Jenis-jenis Kartu Jaringan Untuk Koneksi Baik Jaringan Kabel maupun Jaringan Wireless
Kartu jaringan merupakan salah satu perangkat jaringan yang bekerja pada layer Physical dan Data Link pada model referensi OSI, yang menghubungkan komputer dengan perangkat jaringan lainnya yang umumnya berupa Switch LAN. Kartu LAN ini dikoneksikan ke Switch melalui media kabel jaringan, yang umum sekarang ini adalah kabel UTP Cat5e (kabel standard UTP yang mendukung kecepatan Gigabit).
Pada umumnya kartu jaringan ada yang sudah built-in dengan Motherboard dari komputer atau laptop, akan tetapi banyak komputer rakitan sendiri tidak memasukkan kartu jaringan pada motherboardnya, jadi anda harus membeli sendiri kartu jaringan tersebut – hanya bila anda akan menggunakan komputer tersebut terhubung dengan system jaringan local.
1. PCI Adapter
PCI (Peripheral Component Interconnect) adalah bus yang pada awalnya didesign untuk menggantikan Bus ISA/EISA yang dipakai dalam system komputer IBM. Dirilis pertama kali tahun 1992 dan masih banyak dipakai sampai sekarang ini untuk komputer desktop yang mempunyai slot PCI tentunya. Dari jenis adapter jaringan ada dua macam pemakaian yaitu yang untuk adapter jaringan kabel dan untuk adapter jaringan wireless atau jaringan nirkabel. Gambar berikut menunjukkan slot PCI pada motherboard komputer dan kartu jaringan PCI untuk LAN dan untuk wireless.

2. USB Adapter1
USB (Universal Serial Bus) adalah standard Bus serial yang mempunyai design asimmetris dan di design sebagai slot yang sangat praktis untuk menghilangkan perlunya tambahan slot PCI pada komputer. USB mempunyai kemampuan PnP (Plug and Play – pasang dan mainkan) sehingga saat dipasang di komputer tidak memerlukan suatu reboot komputer. Kartu jaringan wireless USB, yang banyak dipakai karena sifatnya yang praktis dan banyak dipakai untuk kartu jaringan wireless. Tidak ada kartu jaringan LAN yang memakai slot USB kecuali yang dari jenis wireless. Kartu jaringan wireless ini ada beberapa macam tergantung standard technology yang digunakan


3. CardBus /PCMCIA
1
Kartu jaringan Cardbus atau PCMCIA yang dipakai pada slot Cardbus atau PCMCIA dari notebook. Kartu jaringan dari jenis Cardbus ini lebih banyak dipakai untuk kartu jaringan wireless juga, walaupun pada awalnya banyak diproduksi adapter LAN dengan speed 10 Mbps di era laptop jaman dulu yang tidak dilengkapi dengan kartu jaringan onboard, sekarang sudah tidak ada lagi dipasaran untuk Cardbus kartu LAN 10 Mbps. Sekarang kartu jaringan Cardbus banyak dipakai untuk kartu jaringan wireless baik dari standard 802.11b/g/n.
4. ExpressCard
1
Kartu jaringan dari jenis ExpressCard adalah jenis baru yang mulai banyak diadopsi oleh notebook belakangan ini mulai akhir tahun 2006-an. Keuntungan utama dari technology ExpressCard dibanding CardBus adalah peningkatan bandwidth yang sangat dramatis dibanding technology Cardbus. Kenapa begitu? Kartu jaringan ExpressCard mempunyai koneksi langsung kepada system bus melalui suatu jalur X1 Express PCI dan USB 2.0, sedangkan Cardbus menggunakan controller interface yang hanya memakai interface PCI. ExpressCard mempunyai kapasitas keluaran bandwidth maksimum sampai 2,5 Gigabit per second melalui PCI Express dan keluaran dari USB 2.0 sampai 480 Mbps khusus untuk masing-2 slot ExpressCard. Sementara untuk Cardbus menggunakan share bus dengan keluaran maksimum sampai 1,06 Gigabits per second saja secara sharing bersama-sama. Sementara itu, power yang dipakai hampir separuh (1.5 V dan 3.3 V) dari power yang dipakai Cardbus (3.3 V dan 5.0 V).
Hampir semua komputer desktop maupun notebook sudah dilengkapi dengan adapter kartu jaringan, khusus untuk laptop atau notebook disamping dilengkapi adapter onboard NIC, mereka juga sudah dilengkapi dengan Wi-Fi baik yang berbasis 802.11B/G maupun yang seri terbaru sudah dilengkapi dengan Wi-Fi berbasis 802.11N yang juga compatible dengan 802.11B/G
5. PCI Express USB 3.0 Adapter
1
Gb 5 PCI Express USB 3.0 adapter
Sejak 2006, sudah mulai banyak produk computer yang melengkapi motherboardnya dengan PCIexpress dengan tersedianya slot PCIe. Sekarang ini banyak produk yang memanfa’atkan slot PCIe ini antara lain USB port PCI Express adapter. PCIe adapter ini mengusung port USB 3.0 SuperSpeed. Lihat juga mengenal lebih dekat USB 3.0.
Salah contoh dari adapter PCIe USB 3.0 ini adalah TRENDnet 2-Port USB 3.0 PCI Express Adapter TU3-H2PIE. USB 3.0 ini PCI adapter ini mempunyai 2 port type A yang bisa digunakan pada komputer yang mempunyai slot PCI Express. Adapter ini dilengkapi dengan konektor power dari PC 4-pin untuk memberikan kekuatan power kepada perangkat USB yang terhubung kepada USB portnya. Kecepatan data transfer sungguh luar biasa sampai 5 Gbps lebih dari 10 kali lipat kecepatan transfer rate dari USB 2.0 yang hanya sampai 480 Mbps. Tentunya port USB ini bisa dipakai juga (compatible) dengan perangkat USB type 2.0. Tentunya kalau dpakai pada perangkat USB 2.0 kecepatannya yach mengikuti jenis USB 2.0. Jadi kecepatan transfer rate bisa maksimum jika menggunakan perangkat USB 3.0 juga misal external Hard disk dari Iomega eGo 2 TB USB 3.0.

6. Gigabit lan card
1
spesifikasi
1,000M auto – negotiation LAN card
Supports 32bit PCI bus unit
Complies with the IEEE802.3 10Base – T, IEEE802.3u 100Base – TX,
IEEE802.3ab 1000Base – T standards
Supports CSMA / CD protocol
1 x 10 / 100 / 1,000Mbps auto – negotiation RJ45 port
Supports 32bit, 33 / 66MHz PCI bus unit
Supports 10 / 100Mbps half / full duplex mode, 1,000Mbps full duplex mode
Supports IEEE802.3x full duplex flow control
Supports sending and receiving of Jumbo frame at 1,000Mbps
Compatible with PCI2.1 and PCI 2.2 standards
Auto – matching MDI / MDIX
1) Self – setting IRQ and I / O port address
2) built – in separate FIFO buffers
LED indicators: 1 x 10M ACT, 1 x 1, 1 x 100M ACT, 000M ACT
Driver: Novell NetWare 4.2, 5. x and 6. x, Microsoft
Windows98 / 98SE / NT / Me / 2000 / XP, Linux

7. RTL8139C PCI
1
Spesifikasi
3Com 900B - TXM 10MB Fast Lan adapter.
Media: 10BASE-
Connectors: RJ - 45
Bus: 32 - bit PCI
Operating distance (10BASE - ):
1) IEEE compliance: 802.3, 802.3u, 802.2, 802.1p, 802.1Q, 802.1 GMRP
2) Standards compliance: PCI 2.1 / 2.2, PC99, DMI 2.0, WfM 2.0, ACPI 1.0, RWU, PXE
Drivers: NetWare 3. x / 4. x / 5 Server, Requestor for OS / 2, ODI Client, Packet Driver;
VINES; Windows Me / 2000 / 9x / NT
.
8. 10/100M PCI LAN
1
Type : Wired
Interface : PCI
Application : Desktop
Transmission Rate : 10/100 Mbps
Place Of Origin : Guangdong China
Brand Name : TEHSKY
Model Number : TS-NC102


Cara Memasang & Instalsi Lan Card
LAN Card disebut juga NIC (Network Interface Card) adalah card yang dipasang pada komputer baik server maupun workstation sehingga memungkinkan saling mengakses dan berkomunikasi di dalam area jaringan. LAN Card yang akan kita pasang adalah LAN Card jenis PCI.
Berikut langkah- langkah memasang LAN Card :

1.Bukalah penutup badan cashing. Lepaskan baut di bagian belakang cashing. Geserlah penutup badan cashing, dan lepaskan dari rangkaiannya.
2.Sesuaikan jenis LAN Card dengan slot pada motherboard. Dalam hal ini slot jenis PCI.
3.Dudukkan LAN Card pada slot PCI secara vertikal. Tekan LAN card ke bawah secara perlahan hingga menyentuh dasar slot.
11
4.Pasang sekrup pada LAN Card dan kencangkan, agar Card tidak bergerak atau bergeser dari slot.
5. Apabila  perangkat sudah dipasang dengan benar, pasang penutup cashing. Beri skrup setiap lubang penutup cashing dan kencangkan

Langkah-langkah instalasi LAN Card
untuk mengaktifkan LAN tsb melalui setup BIOS. Caranya :
1.Hidupkan komputer. Masuk ke setup BIOS.
2.Tekan
tombol DEL pada saat booting. Muncul menu utama Award BIOS (ni bagi
yang BIOS nya pake Award, klo yang pke AMI ato IBM, mari sesuaikan diri
aja Pilihlah “Integrated Peripherals“. Buatlah Onboard LAN Boot ROM menjadi “Enabled“.
3.Tekan tombol Esc. Kemudian lakukan penyimpanan pada Save & Exit Setup.
4.Setelah
booting & Desktop  muncul,akan tampak di pojok kanan bawah
desktop bahwa LAN berhasil dideteksi komputer.


Cara Instalasi Driver Lan
  • Dalam melakukan Install driver ataupun LAN
doubel klik pada file driver,
  • Lalu klik driver untuk menginstall driver LAN
  • Klik next untuk melanjutkan install driver, dan tunggu prosesnya sampai selesai

Apabila Driver telah melakukan install maka telah siap untuk digunakan
Untuk memelihat berhasil atau tidaknya proses instalasi LAN Card, caranya sebagai berikut
ü  Masuk Ke My Computer
ü  Lalu Masuk ke Control Panel
ü  Pilih network and internetconnection pilih network Connections.
Jika pada Icon Local Area Connection tidak terdapat tanda “Seru” warna kuning atau tanda “Cross warna merah, artinya proses Instalasi LAN Card atau LAN berhasil, dan tidak mendapati masalah
hal yang sama di lakukan untuk memasang perangkat LAN dan meinstalasi lan pada komputer lainnya yang akan dijadikan komputer jaringan.
TROBLESHOOTIH LAN CARD
Troubleshooting jaringan adalah suatu kegiatan melakukan serangkaian langkah-langkah yang merujuk kepada sebuah bentuk
penyelesaian dan pencarian sebuah masalah sehingga masalah
tersebut dapat diselesaikan.
Ada beberapa permasalahan yang sering timbul pada saat kita membangun sebuah jaringan baik dari hardware maupun software.
Di sini kita akan menjabarkan troubleshooting satu per satu.
1.Koneksi jaringan putus-putus.
Penyebab : Kemungkinan Tidak berfungsinya komponen jaringan yang disebabkan oleh korosi (berkarat), aus dan rusak. Korosi terjadi dikarenakan ruang atau tempat jaringan yang lembab dan juga pemakaian yang sudah terlalu lama tanpa adanya perawatan yang berkala.
Solusi : Mengganti komponen yang rusak dengan yang baru dan sering merawat komponen tersebut.
2. Komputer tidak dapat terkoneksi dengan sistem jaringan kabel.
Penyebab : Kemungkinan terjadinya gangguan atau kerusakan pada kartu jaringan (Network Interface Card).
Solusi : Periksa Kartu jaringan apakah sudah terpasang dengan baik, kemudian jika masih seperti itu sebaiknya  diganti
Penyebab :  Kemungkinan bermasalah pada kabel seperti; susunan, pemasangan, terputus, koslet.
Solusi :  Periksa Kabel baik pemasangan, susunan kemudian cek kondisi kabel apakah dalam kondisi yang baik.
Penyebab :  Kemungkinan bermasalah pada konektor misalnya, tidak rapat, salah satu pinnya rusak
Solusi :   Periksa terlebih dahulu kondisi dari konektor, dan jika masih seperti itu sebaiknya diganti.
Lampu indikator pada kartu jaringan dan pada switch/hub hidup, kabel utp yang digunakan dalam kondisi yang baik, akan tetapi tidak dapat terhubung.
Penyebab :  Kemungkinan terjadi kerusakan pada port kartu jaringan.
Solusi :   Mengganti Kartu jaringan (Network Interface Card) dengan yang baru.
3. Tanpa ada icon Network Connection :
Penyebab : Kemungkinan saat setting pilihan show icon belum dipilih/ di check list atau Network di:disable


4. Ada icon Network Connection tapi silang ,merah:
\
Penyebab : Jaringan secara fisik tidak terhubung ke komputer.
Solusi m eriksa konektor RJ 45 atau kabel UTP atau periksa apakah swith nyala atau tidak,

5. Ada icon Network Connection tapi tanda seru kuning :
Penyebab : Jaringan secara fisik telah terhubung dengan baik kemungkinan server gagal memberikan IP ke Network atau terjadi IP Conflict (IP sama dengan komputer lain di jaringan).
Solusi : ganti dengan IP yang lain.



6. LED LAN CARD TIDAK MENYALA
Penyebab Konektor LAN belum terpasang dengan benar.
Solusi : Lepas konektor dan pasang kembali dengan benar.
Penyebab : Kabel UTP putus.
Solusi : Coba periksa kabel dengan LAN tester apakah ada yang putus. Jika ada buat kabel dengan yang baru.
Penyebab  :Driver LAN belum terinstall pada komputer.
Solusi :instal driver lan
Penyebab :LAN Card rusak.
Solusi :Ganti dengan LAN Card Expansion

  1. 7.      LAN card tidak terdeteksi dari menu Control Panel.
Penyebab :  Driver LAN belum terinstall pada komputer
Solusi : instal driver lan
Atau mengikuti langkah-langkah berikut:
  1. Periksa pada Device Manager dengan cara klik kanan My Computer>Properties.
  2. Pilih tab Hardware>Device Manager.
  3. Periksa apakah LANcard terdeteksi tetapi belum terinstal driver atau mungkin tidak ada sama sekali.
  4. Jika driver belum terinstal maka lakukan instalasi terlebih dahulu. Tetapi jika LAN card sama sekali tidak muncul pada list, coba ikuti langkah selanjutnya.
  5. Anda periksa LAN card yang terpasang, kemungkinan LAN card belum terpasang dengan baik. Matikan komputer, coba kencangkan LAN card kembali.
  6. Atau coba lepas LAN card kemudian pasangkan kembali.
  7. Jika tetap belum terdeteksi, coba pindah pada slot PCI lainnya.
  8. Bersihkan LAN card dan slot PCI pada motherboard.
  9. Jika LAN card sudah Anda anggap terpasang dengan benar, tetapi belum juga terdeteksi maka ganti LAN card tersebut.

3 Responses to "Lan Card"