CARA MUDAH MEMBERSIHKAN CPU


Kerusakan komputer bisa disebabkan oleh banyak sekali faktor, salah satunya adalah karena CPU kotor dan berdebu. Kotoran dan debu bisa menghambat sirkulasi udara di dalam CPU sehingga komponen-komponen yang terdapat di dalam CPU cepat menjadi terlau panas (overheat) sehingga komputer kerap kali hang atau malah mendadak mati sendiri. Berikut adalah sebuah tips cara mudah membersihkan CPU dari debu dan kotoran


sinichinet


1. Lepas semua kabel yang terhubung ke CPU. baik itu kabel power, atau kabel-kabel dari devices / alat-alat lain (keyboard, mouse, monitor, printer, dll)
2. Buka casing CPU ( cara buka tergantung jenis dan model casing masing-masing )

sinichinet
dasar casing CPU dan kabel-kabel yang kotor berdebu

3. Lepas komponen-komponen yang terdapat di dalam CPU. Untuk memudahkan melepas komponen-komponen, baringkan saja CPU kita.
  • Lepas Power Suplay. Lepas dulu semua kabel yang terhubung dari power suplay ke bagian-bagian lainnya semisal mother board, VGA card, DVD rom, dan hard disk. Bila kita takut lupa bisa dicatat atau difoto sekalian lokasi-lokasi awal kabel menancap. Lalu lepas sekrup power suplay yg biasanya keliatan dari belakang casing CPU.
  • next step.. kita lepas RAM, hard disk, VGA card (bila ada), ROM, floppy.
  • Bila merasa bisa.. dan yakin bisa.. kita lepas heatsink juga (itu lho besi yang ada kipas kecilnya) tapi agak ribet dan menyerempet bahaya lho ya ( cocok nih bagi penggemar sport jantung hahahaha..... ). Bila nggak yakin bisa, minta bantuan orang yang lebih ahli saja. tapi tetap perhatikan bagaimana cara melepasnya, agar lain kali kita bisa sendiri melepas heatsink.
  • Setelah berhasil melepas heatsink, lepas juga processornya. Yang ini harus amat sangat hati-hati sekali !! Sekali lagi, jika nggak yakin bisa, minta bantuan orang yang lebih ahli saja.
  • Lepas motherboard dari casing CPU. motherboard tidak dilepas juga tidak apa-apa.
sinichinet
hardisk berdebu

4. Tahap pembersihan. gunakan saja kuas kecil ( tapi ya nggak kecil-kecil amat ), blower jika punya. Jangan menggunakan cairan apapun untuk membersihkan segala komponen CPU.
  • Power suplay, ROM dan Floppy cukup dibersihkan menggunakan kuas agar debu-debu yg menempel menjadi hilang.
  • RAM dan VGA card : bersihkan debu dengan kuas. Perhatikan kaki-kaki komponen yg berwarna keemasan. jika warnanya keruh atau tidak mengkilap, segera gosok dengan penghapus pensil.
  • Heatsink : bersihkan saja dengan kuas. jika memungkinkan, pisahkan besi heatsink dan kipas supaya hasil pembersihan lebih optimal.
  • Processor : bersihkan dengan kuas. biasanya ada bekas kerak diatas processor. itu adalah thermal paste ( pasta ) yg mengering. bersihkan dgn hati-hati dan penuh rasa cinta menggunakan ujung obeng pipih atau alat lainnya. ingat ! harus penuh dengan rasa cinta..... :)
  • Motherboard : bersihkan debu dgn kuas secara perlahan-lahan. jangan lewatkan sela-sela slot konektor utk RAM. VGA card, dll.
  • Yang terakhir, bersihkan casing CPU

sinichinet
beberapa fan yang berdebu

5. Tahap perakitan kembali
  • Pasang motherboard kembali pada casing apabila tadi dilepas.
  • Pasang processor di motherboard, tapi sebelumnya oleskan thermal paste secara tipis dan merata pada permukaan yang akan bersentuhan dengan heatsink. Jika processor tidak bisa terpasang dengan benar jangan dipaksa karena mungkin pemasangan posisi processor terbalik / salah. perhatikan tanda diujung-ujung siku procesesor.
  • Gabungkan kembali besi heatsink dan kipasnya. setelah itu beri thermal paste secukupnya pada permukaan heatsink yg akan bersentuhan langsung dgn processor lalu pasang heatsink di motherboard. Jangan lupakan juga untuk memasang kabel fan di motherboard.
  • Pasang Ram. Pada slot RAM ada suatu pembatas / sekat kecil yang membagi slot menjadi 2 atau 3 bagian. perhatikan sekat tersebut. jika terbalik memasang RAM, otomatis RAM tidak akan bisa terpasang pada slotnya. jika sudah benar posisi pemasangan RAM, tekan kedua ujung RAM sehingga RAM terpasang di slotnya dan terkunci secara otomatis.
  • Pasang kembali PSU (power Suplay Unit). Pasang kabel yang pada awalnya terhubung pada motherboard.
  • Pasang VGA card di slotnya. jangan lupa pasang kabel powernya jika memang ada colokan khusus. biasanya VGA card terbaru memiliki colokan tersebut.
  • Pasang hardisk dan DVD Rom. Sambungkan dengan kabel power dari power suplay, juga kabel data ke mother board.
  • Tutup kembali casing CPU dan pasang semua kabel yg pada awalnya terhubung ke CPU, semisal kabel power, keyboard, mouse, monitor.
6. Nyalakan CPU dan Jreeeeng... Insyaallah CPU tdk akan mati-mati lagi

Demikian tips cara mudah membersihkan CPU dan selamat mencoba.... \(^_^)b

Sumber : SINICHINET

2 Responses to "CARA MUDAH MEMBERSIHKAN CPU "