Mengenal Fungsi dan Jenis LAN CARD

Pernahkah anda mendengar istilah LAN CARD?. Ya , LAN CARD adalah kartu yang dipasang pada mainboard sebagai alat penghubung komputer dalam suatu jaringan / network.Disebut LAN karena jaringan yang dibuat bersifat local area atau area terbatas. Didalam lan card terdapat sebuah kartu jaringan yang selanjutnya disingkat sebagai NIC(Network Interface Cards). Sebuah NIC berfungsi sebagai jembatan poenghubung antar jaringan komputer.

Di pasaran terdapat dua jenis NIC yang umum dijual yakni:
Pertama NIC bersifat FISIK
Kedua NIC bersifat LOGIS

Contoh NIC yang bersifat FISIK adalah NIC Ethernet, Token Ring, dan lain-lain. Sementara NIC yang bersifat LOGIS adalah LoopBack Adapter dan DialUp Adapter, yang disebut juga sebagai Network Adapter . Setiap jenis NIC diberi nomor alamat yang disebut dengan MAC Address, yang dapat bersifat statis atau dapat diubah oleh pengguna.


Model gambar. NIC Ethernet
Model gambar. NIC Token Ring

NIC FISIK umumnya berupa kartu yang dapat ditancapkan ke dalam sebuah slot pada motherboard komputer, yang dapat berupa kartu dengan BUS PCI, MCA atau PCIE. Selain berupa kartu-kartu yang ditancapkan pada motherboard, NIC FISIK juga dapat berupa kartu EKSTERNAL yang berupa kartu dengan BUS USB, PCMCIA, SERIAL, PARALEL, EXPRESS CARD, sehingga meningkatkan mobilitas (bagi pengguna mobile).

Kartu NIC FISIK terbagi menjadi 2 jenis, yaitu :
Kartu NIC dengan Media jaringan yang spesifik (Media-Spesifik NIC) : yang membedakan kartu NIC menjadi beberapa jenis berdasarkan media jaringan yang digunakan. Contohnya adalah NIC Ethernet yang dapat berupa Twisted-Pair (UTP atau STP), Thinnet atau Thicknet atau bahkan tanpa kabel (Wireless Ethernet).
Kartu NIC dengan arsitektur jaringan yang spesifik (Architecture-Specific NIC) : yang membedakan kartu NIC menjadi beberapa janis, sesuai denga arsitektur jaringan yang digunakan. Contohnya adalah Ethernet, Token Ring, serta FDDI (Fiber Distributed Data Interface), yang kesemuanya itu menggunakan NIC yang berbeda-beda. Kartu NIC Ethernet dapat berupa Ethernet 10 Megabit/Detik, 100 Megabit/Detik, 1 Gigabit/ Detik atau 10 Gigabit
sumber: http://kumpulanidebaru.blogspot.com/2012/09/mengenal-fungsi-dan-jenis-lan-card.html

2 Responses to "Mengenal Fungsi dan Jenis LAN CARD"